4 Tips Makan dan Minum air Putih agar tahan saat Puasa

by -
Air Putih
Air Putih

Timika, fajarpapua.com – Selama berpuasa, banyak orang yang mengaku lebih sering haus daripada lapar. Untuk meminimalkannya, lakukan tips berikut saat sahur.

Selama bulan Ramadhan, rasa haus pasti akan datang, terutama pada sore hingga malam hari. Apalagi jika Anda mengalami cuaca yang panas dan tidak menentu.

Ahli diet asal Timur Tengah, Riham Shamseddine menjelaskan, berpuasa lebih dari 12 jam tentu akan membuat tubuh mengalami dehidrasi.

“Sangat penting untuk mengkonsumsi air putih yang cukup selama Ramadhan. Tentunya untuk mencegah efek samping seperti sembelit, sakit kepala, pusing hingga kulit kering,” jelas Riham seperti dilansir Gulf News (24/04).

5 Tips Tubuh Prima Di Musim Hujan Yang Harus Diketahui(Opens in a new browser tab)

Riham memberikan beberapa tips mudah saat makan sahur. Tujuannya agar masyarakat bisa meminimalisir rasa haus saat berpuasa.

  1. Minum Air Secara Berkala
    Meski waktu kita dipersingkat untuk minum air dalam jumlah normal, Riham tetap menganjurkan agar kita minum air secara teratur.

Tak perlu terburu-buru, yang penting tubuh Anda rutin mendapat asupan air. Perlu Anda sesuaikan dari waktu berbuka puasa hingga waktu sahur, dan tentunya sebelum waktu hukumnya.

Menurut jurnal dari American Heart Association, rata-rata orang dewasa yang sehat perlu minum 2-3 liter air setiap hari.

  1. Jangan Minum Air Secara Bersamaan
    Kebanyakan orang hanya minum air dalam jumlah besar, jika dampaknya jauh lebih cepat. Padahal cara ini kurang baik untuk tubuh.

Hindari minum banyak air sekaligus karena akan membuat perut Anda kembung. Efek lainnya adalah tenggorokan terasa penuh sampai-sampai berulang kali buang air kecil.