5 Tips Tubuh Prima Di Musim Hujan Yang Harus Diketahui

by -
Tubuh Prima Di Musim Hujan

Bogor, Fajarpapua.com – Cuaca yang tidak menentu terutama sekarang ini yang sudah mulai sering turun hujan, perlu diketahui apa saja tips tubuh prima di musim hujan ini agar tidak mudah terserang penyakit.

Datangnya musim hujan sering kali bersamaan dengan hadirnya penyakit yang bersifat musiman. Untuk itu lah agar tubuh prima di musim hujan kita harus selalu menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang penyakit.

Penyakit yang biasa hadir bersamaan dengan datangnya musim hujan antara lain adalah flu, demam, serta permasalahan pernafasan. Terlebih lagi dengan adanya pandemi corona ini membuat ruang gerak dan aktivitas kita semakin sempit.

Berikut ini ada beberapa tips tubuh prima di musim hujan yang perlu diketahui agar tubuh  tidak mudah terserang penyakit :

Tips Tubuh Prima Di Musim Hujan

Menjaga Kualitas Makanan

Tubuh mendapatkan kekuatan dan dasar pertahanan salah satunya melalui makanan yang kita konsumsi. Bahkan makanan juga bisa menjadi pintu gerbang utama masuknya penyakit ke dalam tubuh.

Untuk dapat menjaga kualitas pertahanan tubuh terhadap penyakit, kita harus memperhatikan dengan baik jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan apa yang kita masukan ke dalam tubuh.

Misalkan untuk kebutuhan Vitamin C tubuh sangat membutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun asupan vitamin C saja tidaklah cukup harus disertai dengan nutrisi dan vitamin lainnya.

Untuk itulah kita harus tetap menerapkan pola makan yang sehat dan melaksanakan konsep hidangan 4 sehat 5 sempurna.

Perbanyak Minum Air Putih

Cairan yang ada pada tubuh perlu selalu dijaga, pada cuaca yang dingin ini biasanya tubuh kurang mengeluarkan keringat. Namun tubuh tetap memerlukan jumlah cairan yang tetap sehingga meskipun malas untuk minum harus tetap diusahakan minum air putih dengan cukup agar tubuh prima di musim hujan ini.

Laksanakan Cuci Tangan Dengan Sabun

Standar protokol kesehatan pandemi corona atau Covid-19 ini mengharuskan kita rajin cuci tangan dan itu merupakan ajakan  atau seruan yang cukup baik. Sebaiknya tetap dijaga dan dilaksanakan meskipun kita telah keluar dari pandemi global ini.

Jaga Kebugaran Dengan Tetap Berolah Raga

Meskipun ruang gerak kita dibatasi dengan adanya pandemi corona ini, tapi kita tetap harus berusaha melakukan aktivitas yang dapat memicu proses pembakaran dalam tubuh.

Aktivitas rutin yang biasa kita lakukan dengan meningkatkan kualitasnya maka akan didapatkan hasil yang sama seperti ketika kita berolah raga di luar rumah.

Sebagai contoh ketika menyapu halaman rumah, bisa kita lakukan dengan lebih tepat waktu dan melakukan gerakan – gerakan kecil seperti mengangkat kaki atau melakukan perenggangan setiap beberapa menit sekali.

Tetaplah Bahagia

Kunci dari semua permasalahan adalah kekuatan psikologis, dengan selalu berbahagia dan terukur. Dapat meningkatkan salah satu hormon dalam tubuh yang mampu memberikan rasa tenang.

Rasa tenang ini akan memberikan rasa santai dan signal kenyamanan kepada otak sehingga akan membuat seluruh tubuh merasa dalam keadaan yang aman, nyaman dan terlindungi.

A valid URL was not provided.