Konsep Pola Makan Sehat Yang Baik Untuk Tubuh

by -
Pola Makan Sehat

Bogor, Fajarpapua.com – Dalam kesibukan yang kian padat memang sedikit sulit untuk dapat menjaga pola makan yang sehat dan tepat. Karena keterbatasan tempat dan waktu mengharuskan kita mengonsumsi yang mudah diperoleh asalkan  mengenyangkan pada saat itu.

Kebutuhan nutrisi dan gizi tubuh sering diabaikan dengan menggunakan barometer atau ukuran apakah kenyang atau tidak.

Sebenarnya pola makan sangat mempengaruhi kesehatan dan fungsi seluruh organ tubuh. Meskipun kita rajin berolah raga namun bila pola makan kita tidak tepat dan sehat bukan berarti menjadi jaminan tubuh kita menjadi kuat dan sehat.

Menjaga pola makan yang sehat berbeda dengan menerapkan pola diet, bahkan diet yang berlebihan akan berbahaya pada tubuh dan menimbulkan permasalahan yang lain.

Pada penelitian yang sering dilakukan bahwa untuk menjaga tubuh agar tidak obesitas cukup menerapkan pola makan yang sehat tidak harus mengarah kepada diet.

Karena diet sendiri adalah membatasi diri dari mengonsumsi makanan yang tidak seharusnya dikonsumsi dan mengatur waktu makan yang tepat. Jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh dengan tepat akan memberikan energi kepada tubuh secara berimbang.

Yang menjadi permasalahan adalah ketika kita makan atau minum lebih dari apa yang seharusnya maka berat badan akan bertambah karena jumlah energi yang masuk lebih banyak dibandingkan energi yang dipergunakan oleh tubuh. Demikian sebaliknya, bila kurang maka berat badan kita akan berkurang karena tubuh akan mengambil cadangan energi yang disimpan dalam tubuh.

Jaga Pola Makan Sehat

Dalam hal menjaga pola makan yang sehat bukan mengacu kepada rasa kenyang atau tidak kenyangnya kita saat makan. Melainkan lebih kepada apa yang kita makan dan seberapa besaran kandungan energi yang terkandung di dalamnya.

Pada umumnya pria dewasa membutuhkan 2500 kal/hari sedangkan untuk wanita hanya 2000kal/hari  namun angka tersebut tentunya berbeda antara seorang pekerja lapangan yang membutuhkan tenaga besar dibandingkan seorang yang berada di belakang meja dengan kenyamanan pendingin udara.

Dalam memilih jenis makanan sehat kita harus memperhatikan beberapa hal terpenting yaitu :

banner 300250

Selektif dalam memilih karbohidrat

Karbohidrat pada umumnya disarankan untuk dikonsumsi sebanyak 1/3 bagian dari makanan yang kita konsumsi secara keseluruhan yang meliputi kentang, nasi, sereal dan roti.

Dalam memilih karbohidrat sebaiknya dipilih yang lebih mengandung serat seperti nasi merah atau kentang dengan kulitnya.

Bahan makanan karbohidrat dengan serat akan lebih baik dikonsumsi karena akan memberikan rasa kenyang lebih lama dibandingkan karbohidrat tepung.

Buah dan Sayuran

Dalam anjurannya setiap makan kita diharuskan mengonsumsi buah-buahan dan untuk hidangan utamanya disarankan memiliki menu sayuran yang dengan olahan yang segar.

Ikan

Sebagai negara maritim tidak mengherankan hasil ikan kita cukup banyak meskipun di beberapa wilayah masih di temukan kesulitan supply ikan namun hal ini adalah teknis.

Ikan banyak mengandung protein terbaik dan kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dianjurkan untuk mengonsumsi ikan setidaknya 2x dalam seminggu karena kandungan Omega-3 nya yang berguna untuk mencegah sakit jantung.

Pemerintah sejak dulu mengajarkan untuk selalu menerapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna yang memang di dalamnya sudah terkandung semua kebutuhan tubuh.

INFO IKLAN 0812-3406-8145