Sisa 4 Bulan Lagi Tapi Suasana Timika Sepi-sepi Saja, Dandim Ajak Insan Pers Gaungkan PON 2021

by -
Dandim Mimika
Dandim 1710 Mimika Letkol (Inf) Yoga Cahya Prasetya

Timika, fajarpapua.com – Insan pers di Timika diajak selalu menggaungkan pelaksanaan PON Papua 2021. Pasalnya hingga kini masyarakat di gunung dan pesisir pantai belum mengetahui persis kapan PON dilaksanakan.

“Timika salah satu klaster PON Papua, tapi semarak menyambut PON belum terasa hingga saat ini. Padahal PON tinggal empat bulan lagi. Timika akan menyambut Api PON, jadi Pemkab, KONI serta Sub PB PON harus segera menciptakan suasana semarak menyambut PON dengan mengajak semua masyarakat ikut terlibat,” ajak Dandim 1710 Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya pada kegiatan silahturahmi dengan insan pers sekaligus buka bersama di Aula Koramil Kota, Selasa (4/5).

IMG 20210504 WA0037
Dandim 1710 Mimika foto bersama insan pers

Dandim Yoga mengatakan, waktu yang semakin singkat ini seharusnya Pemkab sudah membuat kegiatan menyambut PON dengan mengajak seluruh elemen masyarakat.

BACA JUGA:  PON Papua Tersisa 150 Hari, Minta Klaster Lain Teladani Timika, Yabdi: Jangan Permalukan Papua

“Misalnya semarak PON Pemkab ajak warga Kamoro yang mahir memahat bisa memahat ukiran-ukiran khas Kamoro serta pengrajin- pengrajin noken Amungme dan Kamoro bisa menyulam dan menganyam noken dan tas adat,” katanya.

Lanjut Dandim Yoga, untuk fasilitas penunjang PON ada kelompok yang membangun, tapi untuk menggerakkan warga tugas Pemkab.

“Ada Dinas Kominfo yang sesuai tugas semestinya mulai sekarang mengkampanyekan agar PON ramai. Kita harus belajar dari daerah- daerah yang berhasil menyelenggarakan PON. Bagaimana mereka mampu menggerakan masyarakat dalam memeriahkan event ini. Bersama UMKM Pemkab buat event-event pameran yang intinya menghidupi suasana kota menjelang perhelatan PON yang gaungnya internasional,” ajak Dandim.

Suasana saat ini, jelas Dandim Yoga, masih adem- adem saja. Kota Timika sangat sepi padahal Timika salah satu kota penyelenggara PON dengan 9 cabang olahraga.