PLN Timika Mulai Uji Coba Peralatan Listrik yang Terpasang di Venue PON XX

by -
Venue PON Biliard di Jalan Caritas SP 5 Mimika
Venue PON Biliard di Jalan Caritas SP 5 Mimika

Timika, fajarpapua.com – Manajer PLN UP3 Timika Marthinus Irianto Pasensi mengatakan pihaknya akan segera melakukan uji coba pengoperasian sejumlah peralatan listrik yang akan dipasang di sejumlah tempat pertandingan PON XX.

Menurut Marthinus, sejak tahun 2020 lalu, PLN Timika telah menerima pengiriman sejumlah peralatan yang akan digunakan untuk mendukung keandalan listrik saat menghadapi penyelenggaraan PON XX.

Dikatakan, peralatan-peralatan itu seperti UPS (Uninterruptible Power Supply), genset, trafo bergerak, kabel bergerak, gardu bergerak dan lainnya.

“Peralatan genset mobile sebanyak 23 unit terdiri atas 500 KW sebanyak 5 unit, 200 KW sebanyak 8 unit dan 100 KW sebanyak 10 unit, Sementara UPS bergerak sebanyak 24 unit terdiri atas 4 unit berkapasitas 100 KVA dan 20 unit berkapasitas 40 KVA,” ungkap Marthinus kepada awak media, Senin (17/5).

Dikemukakan, saat ini peralatan-peralatan tersebut masih disimpan di  PLTMG Pomako Timika.

“Kami merencanakan setiap bulan akan melakukan uji commisioning mesin-mesin genset bergerak juga peralatan lain seperti UPS, kabel bergerak dan gardu bergerak. Untuk tahap pertama kami akan melakukan uji coba di Gedung Eme Neme Yauware Timika yang akan menjadi lokasi pertandingan Judo dan Tarung Drajat. Setelah itu kami akan uji coba di lokasi pertandingan Aero Modeling yang ada di SP5,” jelas Marthinus.

BACA JUGA:  Panpel Cabor Judo Gelar Technical Meeting dan Cabut Undian

Menurut dia, belum semua lokasi atau tempat pertandingan telah dipasang jaringan instalasi listriknya sehingga ujicoba peralatan tersebut hanya dilakukan pada tempat pertandingan yang sudah siap jaringan listriknya.

Pada saat uji coba peralatan-peralatan tersebut, akan diskenariokan terjadi pemadaman listrik di arena pertandingan PON XX.

Meski listrik PLN Timika padam, namun pertandingan tetap berlangsung lantaran secara otomatis UPS yang menyimpan daya listrik langsung berfungsi sambil menghidupkan mesin genset.

Menjelang perhelatan PON XX Papua yang dijadwalkan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021, Tim PLN Pusat yang sebelumnya ikut menyukseskan penyelenggaraan Asian Games Jakarta-Palembang 2018 akan melakukan supervisi ke Timika dan Papua pada umumnya.

Marthinus menambahkan jajarannya sudah dua kali menyurati pihak PB PON XX Papua Sub Kluster Mimika terkait kesiapan daya listrik pada masing-masing arena pertandingan.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.