Mantan Dewan Berharap Kekosongan Kursi Ketua DPRD Mimika Segera Terisi

by -
Yonas Magal
Yonas Magal

Timika, fajarpapua.com – Kekosongan kursi Ketua DPRD Mimika yang ditinggalkan mendiang Robby Omaleng diharapkan segera terisi. Terkait hal itu, DPD Golkar Mimika diharapkan menyurati KPU dan DPRD Mimika. Selanjutnya tugas KPU memberitahu Bupati dan diteruskan ke gubernur untuk menerbitkan SK Ketua DPRD Mimika.

Demikian disampaikan mantan Wakil Ketua DPRD Mimika, Yonas Magal kepada wartawan di Jln Cenderawasih, Rabu (26/5).

Yonas mengatakan, pimpinan DPRD memang bersifat kolektif kolegial. Tapi figur ketua dewan sangat mempengaruhi segala kebijakan dan pengambilan keputusan di lembaga dewan.

“Selama ini peran Ketua DPRD sangat strategis dalam mengambil keputusan politik, administrasi dan anggaran, sehingga kami sebagai rakyat melihat dan mendorong DPD Golkar sebagai pemenang pemilu untuk segera menyurati KPU dan DPRD. Surat ke KPU supaya segera proses SK anggota dewan yang ditunjuk partai menduduki kursi ketua dewan. Surat ke DPRD sifatnya administrasi dalam mempersiapkan pelantikan dan sebagainya,” ujar Yonas.

BACA JUGA:  Golkar Mimika Ajukan Yan Sampe, Demokrat Leksi Lintuuran, PAW DPRD Mimika Menunggu Waktu

Menurut dia, rakyat Mimika sangat merindukan figur baru yang ditunjuk Partai Golkar untuk duduk sebagai ketua dewan. Setelah selesai mengisi jabatan ketua, barulah Partai Golkar dan Partai Demokrat mengusulkan surat PAW.

PAW, lanjut Yonas, sebaiknya partai dapat mempertimbangkan figur putra daerah yang mampu dan sesuai daerah pemilihan (Dapil).

Sedangkan Tokoh Muda Amungme, Mikhael Beanal mengusulkan kepada Partai Golkar dan Partai Demokrat supaya mengakomodir kader Papua, lebih khusus putra Amungme dan Kamoro.

banner 300250
INFO IKLAN 0812-3406-8145