Wabup Mimika John Rettob Ingatkan 10 Tahun Kedepan Periode Penting Cegah Bencana

by -
Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob sedang menanam pohon.
Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob sedang menanam pohon.

Timika, fajarpapua.com – Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob S.Sos, MM melakukan penanaman pohon di Pasar Lama, Timika, Papua, Sabtu (5/6).

Kegiatan itu dilakukan menandai puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia tingkat Kabupaten Mimika yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2021.

Hadir pada kegiatan itu, perwakilan lingkungan hidup PTFI, pimpinan maupun perwakilan OPD di lingkungan Pemda Mimika, KONI, KNPI, the Karakas, serta sejumlah tokoh agama dan masyarakat.

Mewakili Bupati, Wabup JR dalam sambutannya mengatakan puncak peringatan HLH tahun ini dipusatkan di Pakistan.

HLH ditetapkan PBB sejak tahun 1974. Dan pada HLH ke-47 tahun ini diambil tema Restorasi Ekosistem.

“Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa telah mendeklarasikan tahun 2021-2030 sebagai Dekade PBB Restorasi Ekosistem atau UN Decade on Ecosystem Restoration,” ujarnya.

Rentang waktu ini dipilih berdasarkan literatur dan informasi dari berbagai ahli, yang menyebutkan bahwa dalam sepuluh tahun kedepan merupakan periode terpenting yang diperlukan untuk mencegah bencana akibat perubahan iklim, serta untuk menjaga keanekaragaman hayati.

BACA JUGA:  Tanggapi Adanya Penolakan, Wakil Bupati Mimika : Syarat Mengajar Guru Harus Divaksin

“Dekade Restorasi Ekosistem juga untuk mencegah, menghentikan dan membalikkan degradasi ekosistem di seluruh dunia,” paparnya.

Dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, saatnya untuk dapat dilakukan penyesuaian berpikir dan bertindak, REIMAGINE, RECREATE dan RESTORE.

banner 300250

“Inilah momen kita. Kita tidak bisa mengembalikan waktu. Tapi kita bisa menanam pohon, menghijaukan alam dan lingkungan, mengubah pola konsumsi, membersihkan sungai dan pantai, serta berbagai aktivitas positif lainnya dalam menjaga dan merawat lingkungan. Kita adalah generasi yang berdamai dengan alam,” tukasnya.

Dikemukakan, ekosistem merupakan tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan satu kesatuan utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 mengusung Restoration.

INFO IKLAN 0812-3406-8145