,

Pasien Covid di Merauke Melonjak Naik, Data Terkini Sudah 111 Orang

by -
Bupati Romanus Mbaraka
Bupati Romanus Mbaraka


Merauke, fajarpapua.com – Lonjakan angka pasien Covid-19 di Kabupaten Merauke terus meningkat dalam beberapa hari belakangan. Data yang dihimpun fajarpapua.com dari situs resmi Satgas Covid-19 Kabupaten Merauke hingga hari ini, Rabu (23/6) tercatat 111 orang pasien positif terinfeksi Covid-19.


Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT memastikan akan mengambil kebijakan alternatif untuk mengatasi lonjakan ini dengan  melakukan koordinasi lintas sektoral guna bergerak cepat dalam hal penanganan.


”Angka yang ada ini di dominasi oleh pelaku perjalanan oleh sebab itu saya akan melakukan evaluasi dengan satgas Covid,” kata Bupati Mbaraka kepada wartawan, Rabu (23/6).


Kebijakan yang dilakukan, kata Bupati, pelaku perjalanan wajib dilakukan tes swab antigen. Setiap perjalanan dari luar daerah wajib diuji antigen, karena dari pengalamannya di luar pihaknya melihat ada antigen yang tidak berasal dari pihak yang resmi menangani itu.


”Saya akan membuat kebijakan kembali bahwa setiap pelaku perjalanan dari luar atau orang luar wajib di lakukan test antigen kembali oleh pihak Satgas Covid Merauke. Ini dikarenakan saya tidak percaya dengan dokumen antigen yang disodorkan pelaku perjalanan dari luar karena ada pengalaman saya waktu di luar daerah antigen itu bisa di dapatkan bukan dari sumber resmi,” ungkap Bupati.

BACA JUGA:  7 Hari pencarian, Nahkoda Kapal Ringgo Natuna Akhirnya Ditemukan Tak Bernyawa


Kebijakan penerapan tes swab antigen, lanjutnya, juga akan diberlakukan di institusi-institusi pemerintahan, tempat-tempat ibadah dan juga di fasilitas-fasilitas umum lainnya.


”Berikutnya saya akan melakukan antigen kembali kepada beberapa institusi seperti keagamaan, saya mau lebih terbuka kepada masyarakat seperti pada hari Minggu ketika akan mengikuti ibadah, juga pada hari Jumat ketika akan melakukan shalat Jumat kita akan melakukan test antigen, sehingga saya bisa tahu perkembangan yang terjadi, juga mengantisipasi penyebaran varian baru delta,” ucapnya.


Sementara itu, Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Merauke, dr. Nevile Muskita mengatakan, pihaknya selalu melakukan pemantauan terhadap tes swab antigen yang diberikan kepada setiap pelaku perjalanan.


“Intinya pelaku perjalanan dari luar kita pantau dan kita lakukan tes antigen juga. Kita awasi 5-7 hari perkembangannya setelah dilakukan tes, kalau memang positif, kita akan lanjutkan dengan tes PCR,” kata dr. Nevile kepada wartawan melalui telepon selulernya.(res)
 

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.