PB PON Papua Belum Tegas Limpahkan Kewenangan ke SUB PB PON Kluster Merauke

by -
Rapat Koodinasi PB PON Papua dan SUB PB PON Merauke
Rapat Koodinasi PB PON Papua dan SUB PB PON Merauke


Merauke, fajarpapua.com – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Papua belum melimpahkan kewenangan secara tegas kepada SUB PB PON Kluster Kabupaten Merauke. Padahal, perhelatan PON XX Papua tinggal 100 hari lagi, yakni 2-15 Oktober 2021.


Dalam Rapat Koordinasi Pelimpahan Kewenangan Program dan Pergeseran Anggaran Panitia Besar PON XX 2021 kepada SUB PB PON Kabupaten Merauke yang dilaksanakan di Gedung Belafiesta Merauke, 21-22 Juni 2021, belum tercapai kesepakatan terkait kewenangan dan anggaran itu.


“Dari hasil pembahasan kegiatan serah terima tugas, fungsi dan tanggung jawab kewenangan dan penganggaran, masih ada beberapa kewenangan yang secara tegas diberikan kepada SUB PB PON Kluster Merauke.

Sehingga hari ini rapat kita skor supaya PB PON mungkin bisa membahas itu agar bisa melaksanakan rapat berikut dan bisa menerima semua kesepakatan itu bersama,” ungkap Ketua Harian SUB PB PON Kabupaten Merauke, Elianor Dumatubun kepada wartawan usai rapat koordinasi, Rabu (23/6).

BACA JUGA:  Pembangunan Jalan Cendrawasih Tidak Harus Selesai Sebelum PON, Robert: Status Tanah di Jembatan SP 2 Rumit


Menurut Elianor, beberapa kewenangan yang belum diberikan secara tegas oleh PB PON Papua kepada SUB PB Kluster Merauke seperti di bidang pengelolaan konsumsi dan perekrutan sumber daya manusia (SDM), sehingga hal itu belum ada kesepakatan dan pembahasan lebih lanjut.


“Memang sampai hari ini belum bisa dibahas, karena konsumsi itu sumber dananya dari APBN. Sementara itu, perekrutan SDM juga belum ada kewenangan tegas yang diberikan kepada SUB PB PON, masih direkrut oleh PB PON.

Jadi, memang permintaan kami dari SUB PB pengelolaan konsumsi dan perekrutan SDM sebaiknya dilakukan oleh daerah selaku kluster PON, karena dampak ekonominya bisa dirasakan oleh masyarakat Merauke. Itu harapan dari kami,” ujarnya.
Perihal pengusulan anggaran, kata Elianor, Kluster Merauke mengusulkan ke PB PON sesuai dengan kebutuhan yang ada SUB PB PON. Hal itu juga dipertimbangkan dengan asas pemanfaatan dan rasionalisasi di lapangan.

INFO IKLAN 0812-3406-8145