Kodim 1711/BVD Siap Backup Tugas Polri dalam Pengamanan PSU di Boven Digoel

by -
Dandim 1711/BVD, Letkol CZI Daniel Panjaitan
Dandim 1711/BVD, Letkol CZI Daniel Panjaitan


Tanah Merah, fajarpapua.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 1711/BVD siap memberikan bantuan personil TNI-AD dalam membackup Kepolisian Resor (Polres) Boven Digoel perihal pengamanan Pemilihan Suara Ulang (PSU) Bupati dan Wakil Bupati Boven Digoel yang akan dilaksanakan pertengahan Juli 2021.


Komandan Kodim (Dandim) 1711/BVD, Letkol CZI Daniel Panjaitan mengatakan, dalam hal pengamanan Pemilihan Suara Ulang (PSU) Pilkada di Kabupaten Boven Digoel, tugas TNI sifatnya hanya membackup atau memberikan perbantuan kepada Kepolisian Resor Boven Digoel. Berapa pun jumlah personil yang diturunkan, tergantung pada permintaan pihak kepolisian.


“Secara umum, seluruh personil kita siapkan dan kita berangkatkan. Personil TNI tersebar di beberapa distrik di wilayah Kabupaten Boven Digoel. Untuk formalnya, nanti dari pihak Polres tentu akan menentukan jumlahnya,” ujar Daniel Panjaitan yang dikonfirmasi fajarpapua.com di ruang kerjanya, Rabu (30/6).


Daniel menyebutkan, tugas perbantuan pengamanan Pilkada di Kabupaten Boven Digoel pada pengelaman sebelumnya, Kodim 1711/BVD menurunkan 80 personil TNI yang tersebar dalam empat (4) wilayah besar, yakni Waropko, Mindiptana, Asiki dan Tanah Merah. Titik fokus pengaman di Kabupaten Boven Digoel yakni di Tanah Merah.


“Titik rawan pengamanan sesuai pengelaman Pilkada kemarin pada umumnya unjuk rasa dari para pendukung pasangan calon (paslon). Memang ada beberapa kelompok masyarakat yang menjadi pendukung setia salah satu paslon, yang sifatnya simpatisan.


“Selama ini dari eskalasi unjuk rasa di Boven Digoel yang mengarah ke potensi konflik bisa diredam TNI/Polri. Masyarakat ada yang melakukan aksi dan ada juga yang cukup kooperatif mengikuti arahan dari pihak keamanan. Intinya kita siap backup Polisi ,” kata Perwira Menengah TNI AD kelahiran Sumatera Utara ini.
Sementara itu, Kapolres Boven Digoel, AKBP Syamsurijal, SIK kepada wartawan membenarkan hal itu. Dikatakan, bahwasanya tugas pengamanan untuk agenda kenegaraan apa saja, Polres Boven Digoel senantiasa diperbantukan oleh Kodim 1711/BVD.

BACA JUGA:  PSU Boven Digoel Digugat Paslon 03 Lagi, Hengki Yaluwo Minta Pendukungnya Tenang dan Bersabar


“Tugas pengamanan PSU, kita dari Kepolisian Resor selalu bersinergi dan perbantukan dari Kodim 1711/BVD dan Satuan TNI lainnya. Kita tidak bekerja sendirian dalam hal melakukan pengamanan ini terutama agenda negara Pilkada,” ujar Syamsurijal yang ditemui fajarpapua.com di kediamannya di Iwot, Tanah Merah, Rabu (30/6).
Pengamanan PSU Boven Digoel, kata Kapolres, pihaknya akan menyiapkan 350 personil Polri dibackup TNI dan BKO Brimob Polda Papua dan sebagainya. Hal itu juga untuk mengantisipasi terjadi potensi konflik di masyakat dengan adanya Pilkada ulang ini.


“Berkaca dari kejadian konflik di Yalimo, tentunya kita juga mengevaluasi sistem keamanan. Tentu ada juga perbantuan dari BKO Brimob dari luar untuk meredam potensi konflik. Ya, kita berdoa saja, semoga konflik tidak terjadi dan kegiatan PSU berjalan lancar.
“Kita berharap PSU ini dapat melahirkan pemimpin Boven Digoel yang baru sesuai harapan masyarakat. Kita dari TNI/Polri siap mengamankan jalannya kontestasi dalam PSU ini. TNI sifatnya membackup, tetapi pada prinsipnya kita sama-sama dan bersinergi,” tandasnya. (hrs).

INFO IKLAN 0812-3406-8145