BERITA UTAMAPAPUApinpost

Lantik Pejabat Eselon II dan III, Gubernur Enembe Minta Pembenahan OPD Lingkup Pemprov Papua

cropped cnthijau.png
10
×

Lantik Pejabat Eselon II dan III, Gubernur Enembe Minta Pembenahan OPD Lingkup Pemprov Papua

Share this article
Gubernur Papua Lukas Enembe melantik beberapa pejabat eselon II di Gedung Negara Jayapura pada Jumat (20/8).
Gubernur Papua Lukas Enembe melantik beberapa pejabat eselon II di Gedung Negara Jayapura pada Jumat (20/8).

Jayapura, fajarpapua.com – Gubernur Papua Lukas Enembe meminta pembenahan terhadap beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) karena dianggap belum maksimal memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Juru Bicara Gubernur Papua Muhammad Rifai Darus di Jayapura, Jumat, mengatakan beberapa OPD yang diminta untuk berbenah oleh Lukas Enembe yakni RSUD Jayapura, Biro Pengadaan Barang dan Jasa serta Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah setempat.

“Salah satu hal yang disoroti keras oleh Gubernur Lukas dalam arahannya adalah kualitas pelayanan di RSUD Jayapura,” katanya.

Menurut Rifai Darus, Gubernur Lukas melakukan inspeksi mendadak (sidak) beberapa kali di RSUD Jayapura dan merasakan betul proses pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

“Karena itu, Gubernur Lukas meminta pejabat baru untuk membenahi dan menghindari urusan-urusan yang berbau dengan proyek atau kegiatan infrastruktur dan lebih fokus pada pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Dia menjelaskan Gubernur Lukas ingin kucuran dana besar yang mengalir ke RSUD Jayapura sebagai rumah sakit pemerintah digunakan dengan baik untuk kepentingan pelayanan, apalagi merupakan rumah sakit rujukan yang menjadi harapan semua kabupaten/kota di Papua.

“Selain itu, Gubernur Lukas juga menginginkan adanya pembenahan di Biro Pengadaan Barang dan Jasa, sebab, instansi tersebut menjadi bagian yang sangat penting dalam mengatur berbagai proyek yang ada di Papua,” katanya lagi.

Dia menambahkan selama ini Papua dicap sebagai salah satu daerah dengan kasus korupsi yang tinggi, karena itu Gubernur Lukas ingin Biro Pengadaan Barang dan Jasa berjalan ke depan sesuai regulasi yang ada, di mana juga diminta para pejabat tidak berpikir lagi soal “fee” proyek dan sebagainya karena sudah ada gaji dan tunjangan.

“Kini ada kasus pelanggaran hukum di Dinas Pendidikan yang sedang berproses, karena itu, Gubernur Lukas melakukan pergantian pejabat dengan harapan penyelenggaraan pendidikan ke depannya tidak mengalami hambatan, karena pendidikan salah satu bagian penting dalam amanah Undang-Undang Otonomi Khusus,” ujarnya lagi.

Gubernur Papua Lukas Enembe pada Jumat (20/8) bertempat di Gedung Negara Jayapura melantik beberapa pejabat eselon dua selaku pimpinan OPD dan pejabat eselon tiga.

Pejabat eselon dua yang dilantik di antaranya Anton Mote sebagai Direktur RSUD Jayapura, Debora Diana Salossa sebagai Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Papua serta Protasius Lobya sebagai Plt Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *