Panen Perdana Bersama Mama Mama Papua, Kapolres Akui Padi India Varietas Unggul

by -
Kapolres Merauke didampingi Kapolsek Tanah Miring Panen Padi India
Kapolres Merauke didampingi Kapolsek Tanah Miring Panen Padi India

Merauke, fajarpapua.com – Kapolres Merauke, AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum bersama Mama-Mama Papua asal Suku Mappi melakukan panen perdana Padi India di atas lahan seluas 10 x 20 meter yang berlokasi di Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke sekitar pukul 13.50 WIT, Kamis (19/8).


Varietas Padi India itu coba dikembangkan oleh Kapolres Sangaji di wilayah Polsek Tanah Miring dengan menugaskan Kapolsek Iptu Mathius Rengil dengan memberdayakan Mama-Mama Papua dari Suku Mappi dalam melakukan olah tanam. Budidaya Padi India di Tanah Miring itu ternyata membuahkan hasil panen. Varietas padi jenis ini memiliki keunggulan dibanding padi jenis lainnya.


Pelaksanaan panen perdana Padi India diawali dengan doa syukur yang dipimpin seorang Ustadz di Tanah Miring sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada Sang Pencipta yang telah memberikan berkah kelimpahan hasil panen yang merupakan jerih payah petani.


Dalam rilis yang terima fajarpapua.com, Kapolres Untung Sangaji mengungkapkan bahwa Padi India memiliki ciri khas dengan ukurannya yang panjang-panjang. Padi India merupakan varietas unggul yang bisa tumbuh tanpa pupuk dan memiliki resistensi (daya tahan) terhadap serangan hama serangga.


“Dengan bermodal hanya 20 kilogram, kita mulai menanam padi jenis India di atas lahan sawah seluas 20 x 10 meter di wilayah Tanah Miring dan hasilnya bagus. Penanaman padi jenis ini dikerjakan oleh Mama-Mama Papua,” ungkap Kapolres Sangaji didampingi Kasat Bimas, AKP Maruf Suroto dan Kapolsek Tanah Miring, Iptu Mathius Rengil.
Kapolres memberikan apresiasi kepada Mama-Mama Papua yang melakukan pengolahan sawah dengan menanam Padi India dan memberikan hasil yang membanggakan. Menurutnya, varietas padi jenis India tersebut sangat cocok ditanam di wilayah Tanah Miring Merauke.

BACA JUGA:  Taklukan Tim Putra Setda Merauke, Galanita Papua Targetkan Emas di Cabang Sepak Bola Putri PON XX
Kapolres Merauke Melihat Hasil Padi yang ditanam
Kapolres Merauke Untung Sangaji Melihat Hasil Padi yang ditanam


“Saya berterima kasih kepada Mama-Mama Papua asal Suku Mappi yang telah mengerjakan semua ini, mulai dari menanam hingga memanennya. Alhamdulillah, Padi India bisa bertahan tumbuh tanpa dipupuk dan tahan terhadap hama serangga,” ucapnya.


Penanaman Padi India, kata Kapolres Sangaji, merupakan percobaan budidaya yang digalahkannya dengan memberdayakan Mama-Mama Papua Suku Mappi dalam hal pengolahan sawah. Hal itu dilaksanakan guna menyukseskan program pemerintah untuk menciptakan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.
“Semoga rencana untuk pembibitan dan budidaya Padi India ini kedepan berhasil baik dan berkelanjutan serta dapat dicontohi oleh semua petani di Merauke guna menunjang ketahanan pangan. Kita harapkan pengembangan varietas padi jenis ini terus dilakukan kedepannya,” tandasnya. (hrs)

INFO IKLAN 0812-3406-8145
PESPARAWI XIII 2021 TANAH PAPUA | PAPUA BARAT JUGA IKUT SERTA DALAM PENYELENGGARAAN PESPARAWI XIII