Hengky Yaluwo Sebut Putusan MK Adalah Jawaban Atas Doa Masyarakat Boven Digoel

by -
Hengky Yaluwo didampingi Steven Roberth Belamirus
Hengky Yaluwo didampingi Steven Roberth Belamirus

Merauke, fajarpapua.com – Bupati Terpilih Boven Digoel, Hengky Yaluwo, S.Sos menyampaikan apresiasinya kepada seluruh masyarakat Boven Digoel atas doa dan dukungan atas kemenangannya dalam Pemungutan Suara Ulang Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Boven Digoel 2020 yang dilaksanakan tanggal 17 Juli 2021 lalu.


Hasil rekapitulasi perhitungan suara di KPU Boven Digoel pasangan Hengky Yaluwo dan Lexi Romel Wagiu dinyatakan sebagai pemenang dalam perolehan suara. Namun atas hasil itu, kubu pasangan calon nomor urut 03, Martinus Wagi-Isak Bangri melayangkan gugatannya ke Mahkamah Konstitusi dimana dalam salah satu dalil permohonannya mempersoalkan persentase pemilih di Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel yang tidak mencapai 50 persen sehingga menggugat kinerja KPU selaku penyelenggara ke MK.


Namun, dalam putusan MK pada sidang, Selasa (31/8), dalil yang diajukan pemohon kubu paslon 03 tidak kabulkan. Dengan demikian kemenangan berada di pihak KPU selaku termohon dan paslon 01, Hengky-Lexi selaku pihak terkait.
“Terima kasih kepada seluruh masyarakat Boven Digoel di 20 distrik, 112 kampung. Dengan keputusan sidang MK hari ini, MK memberikan jawaban atas doa-doa bapak-ibu, saudara-saudari di Kabupaten Boven Digoel. Kemenangan kita, adalah kemenangan semua masyarakat Boven Digoel,” ujar Hengky Yaluwo kepada wartawan usai mengikuti jalannya sidang di MK secara virtual di Kafè Bola Jl. Ternate, Selasa (31/8).

Hengky Yaluwo mengimbau masyakat di Kabupaten Boven Digoel untuk tidak bereuforia merayakan kemenangan pasangan nomor urut 01 dalam pesta demokrasi itu. “Saya mengimbau masyarakat khusus Tim 41 untuk tidak euforia.
“Kemenangan ini adalah kemenangan kita bersama. Dalam pertandingan politik pasti ada yang kalah dan ada yang menang. Dan yang menang hari ini, kami punya tugas untuk merangkul semua masyarakat di Boven Digoel termasuk kubu paslon 02 dan 03. Kaka Anwar dan Kaka Martinus adalah saudara kami. Kami akan rangkul untuk bersama-sama bangun Boven Digoel dalam 3 tahun kedepan.

BACA JUGA:  Bupati Mbaraka Ingatkan Penggunaan Dana PON XX Harus Punya Dasar Hukum
bea3f9a0 2561 417e 8d61 e92c987fd77a
Hengky Yaluwo (kanan) didampingi Yakobus Weremba (kiri)


“Karena ini baru putusan MK, kami akan bersabar sampai dengan pleno penetapan dan selanjutnya pengajuan paripurna, selanjutnya pengurusan SK pelantikan. Kami butuh dukungan seluruh masyarakat Boven Digoel. Kami mau supaya masyarakat tetap menjaga keamanan. Putusan MK inilah bahwa ada bupati baru di Boven Digoel,” ajak Hengky.
Sementara itu, mewakili masyarakat Kabupaten Boven Digoel, Steven Roberth Belamirus mengajak semua pihak untuk bergandeng tangan membangun Boven Digoel di bawah kepemimpinan Hengky Yaluwo, S.Sos dan Lexi Romel Wagiu sesuai dengan motto Kabupaten Boven Digoel “ (Kamu ada saya ada, saya ada kamu ada). Masyarakat harus bersatu dan tidak boleh dibedakan atas suku, agama, ras dan golongan.


“Hari ini, kami merasa putusan MK sudah memenuhi rasa keadilan masyarakat. Kami masyarakat Boven Digoel sudah mengikuti pertama Pemilu, kedua dan PSU dan yang terakhir hasil putusan MK ini. Proses yang panjang selama ini sudah menguras waktu dan tenaga hingga keputusan final. Sekarang ini kita siapkan untuk pelantikan pemimpin baru yang memimpin kita kedepan. Kita ajak semua komponen di Boven Digoel untuk bersatu, sama-sama kita bangun negeri ini menjadi yang lebih baik di wilayah Papua Selatan,” ajak Steven Roberth yang merupakan Ketua Komunitas Masyarakat Boven Digoel Cinta Demokrasi. (hrs)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.