Lima Auditor BPK RI Sudah di Timika, 20 Hari ke Depan akan Audit Dana Desa Mimika

by -
Michael Gomar
Michael Gomar

Timika, fajarpapua.com – Lima auditor Tim BPK RI Perwakilan Jayapura saat ini sudah berada di Timika. Dalam waktu 20 hari kedepan mereka akan mengaudit penggunaan dana desa (DD) di sejumlah kampung di Kabupaten Mimika.

Hal itu disampaikan Sekda Mimika, Michael R Gomar, SSTP MSi kepada wartawan di kantor Pusat Pemerintahan SP III, Rabu (1/9).

Gomar mengakui pihaknya sudah mengadakan rapat dengan lima tim auditor BPK RI tersebut. Kegiatan itu merupakan audit pendahuluan dalam rangka pengelolaan bantuan sosial dan BLT Dana Desa.

“Selama bulan September ini mereka turun periksa selama 20 hari kemudian mereka kembali ke Jayapura. Di Jayapura mereka evaluasi dari hasil pemeriksaan ini kemudian Oktober mereka turun periksa lagi tahap dua,” ujarnya.

Menjawab pertanyaan wartawan apakah pemeriksaan tersebut di semua kampung, dia menjelaskan mereka hanya mengambil sampel dari beberapa kampung.

“Jadi random sample dari beberapa kampung ini jadi bahan bagi mereka untuk turun lagi di bulan Oktober. Mereka belum pilih kampung-kampung mana, tapi aparat kampung harus siap diri untuk diperiksa BPK RI. Siapkan data semua dan tunjuk semua ke tim auditor. Aparat kampung sampaikan saja pembagian dana desa baik untuk BST, BLT dan Bantuan Pangan serta bantuan untuk pencegahan covid 19,” jelasnya.(mar)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.