Tiga Rumah Sakit Sudah Kosong, Pasien Covid-19 di Mimika yang Dipasangi Ventilator Tersisa 2 Orang

by -
Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob
Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob

Timika, fajarpapua.com – Penanganan covid-19 di Kabupaten Mimika terbilang sukses. Saat ini hanya dua pasien di RSUD Mimika yang dipasangi ventilator. Meski demikian, warga diharapkan tidak lengah dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Wakil Bupati Mimika, John Rettob mengatakan Kabupaten Mimika hingga saat ini masih menerapkan PPKM Level III. Namun pasien covid sudah turun drastis.

Dalam Edaran Mendagri dan SK bersama Satgas Covid, Mimika masih menerapkan level III dan belum turun ke level II.

“Kita ikuti saja Edaran Kemedagri dan SK Satgas Covid. Meski masa berlaku SK sudah habis tapi nanti dievaluasi minggu depan. Evaluasi secara nasional. Kalau nasional bilang tetap level III kita jalani saja, kalau turun ke level II kita bersyukur. Saat ini yang kita tingkatkan pelayanan vaksin setidaknya sebagian besar warga sudah terima dosis pertama. Sesuai data yang saya terima warga Mimika yang sudah divaksin sebanyak 141 ribu orang,” ungkapnya.

Dikatakan, yang dilakukan saat ini pemerintah mengupayakan semua warga Mimika mendapat vaksin.

“Pasien kritis sudah turun drastis, pasien yang dirawat di RSUD yang masih pakai ventilator tersisa dua orang, sedangkan di RSMM, RS Tembagapura, Klinik Kuala Kencana tidak ada pasien yang dirawat,” ujarnya.

Begitupun, penggunaan tempat tidur hanya 10 persen dan tempat tidur yang tersedia masih 90 persen.

Menurut Wabub John, dari 369 spesimen yang diperiksa yang positif hanya 8 orang ini turun drastis. Namun angka komulatif di Mimika saat ini mencapai 9 ribu lebih sedangkan pasien yang sembuh sekitar 8.800 pasien.

“Jadi kita turun drastis dari pasien yang dirawat ditambah lagi dengan spesimen yang diperiksa juga turun. Namun kita harus selalu waspada dan tetap gunakan masker. Intinya menjelang PON kita target percepat vaksin. Target kita menjelang PON kita sudah ada pada PPKM level 2,” terang dia.

Kata JR, vaksin untuk tenaga kesehatan, pelayan publik, lansia dan warga 18 tahun keatas serta belum terekam warga 12 Tahun baik yang di Timika, Tembagapura dan sekitarnya mencapai 141.915 orang, baik yang dosis 1-2. (mar)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.