Bukan Kaleng-kaleng Bro.., Peralatan Yudo di Timika Terbaik Dunia, Terakhir Dipakai Olimpiade Tokyo

by -
Panitia bidang peralatan menandatangani dokumen tanda terima peralatan yudo.
Panitia bidang peralatan menandatangani dokumen tanda terima peralatan yudo.

Timika, fajarpapua.com – Vendor Yudo, Iwan Poo, mengemukakan peralatan Yudo yang dipasang di venue Yudo Timika berstandar internasional yang sudah dipakai untuk desain maupun multi event internasional. Bahkan terakhir dipakai di olimpiade Jepang di Tokyo.

“Jadi untuk Indonesia yang memiliki peralatan ini untuk Asian Games kemarin di Jakarta, dan berikutnya hanya di Papua. Jadi alat ini baru pernah ada di 2 provinsi,” ungkap Iwan ketika dikonfirmasi fajarpapua.com, Minggu (12/9).

Menurutnya, seluruh peralatan tersebut berstandar internasional dan terbaik di dunia. Sehingga untuk menyeting atau masangnya harus menggunakan tehnisi khusus yg didatangkan dari China.

“Tapi karena pandemi warga negara asing dilarang masuk ke Indonesia sehingga penyetingan peralatan Yudo ini nanti dipandu langsung oleh TD bersama Panpel di Mimika. Kami sudah berusaha untuk memberikan peralatan yang terbaik di PON Papua kali ini dan kami berpesan agar setelah PON agar seluruh peralatan ini harus dirawat dengan baik karena sangat sensitif kena air, apalagi Mimika daerah hujan,” katanya.

Sementara menurut technical delegate (TD) Yudo, Very Panto, untuk peralatan Yudo yang didatangkan dari dari China ada dua macam yakni matras dan plat foam atau panggung, yang disupport oleh Kementerian Olahraga.

BACA JUGA:  SK Relawan PON Klaster Mimika Resmi Diserahkan PB PON Papua, 3.892 Orang Bakal Terlibat

“Kedua peralatan itu sudah direkomendasikan oleh International Judo Federation. Sedangkan peralatan lain seperti elektronik dan lain-lain semua diapprove oleh International Judo Federation.

Very berharap dengan peralatan sebaik ini diharapkan kedepan pengurus provinsi maupun kabupaten bisa membentuk kelompok latihan di tingkat pelajar untuk mulai dilatih sebagai atlit-atlit profesional dari Papua agar bisa mengikuti turnamen maupun kejuaraan olahraga Yudo dari lokal sampai ke tingkat internasional.

Sedangkan Manager Venue Har Bahar Mokodompit mengaku bangga dengan kehadiran alat berkualitas terbaik tersebut.

“Awalnya saya pikir ini peralatan biasa saja, padahal setelah saya tiba di gudang peralatan saya begitu kaget dan kagum karena peralatan yudo sangat banyak dan seluruhnya berstandar internasional, terbaik. Kedepan perlu melakukan perawatan karena ini menjadi kebanggaan Mimika,” tandasnya.

Dikemukakan, seluruh peralatan Yudo saat ini sudah masuk dan sudah melalui pemeriksaan dari Tim perwakilan Kemenpora RI DISORDA Provinsi Papua serta disaksikan oleh Vendor, TD dan saksi dari perwakilan PB PON bidang peralatan Provinsi Papua dan dinyatakan lengkap.(jun)

INFO IKLAN 0812-3406-8145
PESPARAWI XIII 2021 TANAH PAPUA | PAPUA BARAT JUGA IKUT SERTA DALAM PENYELENGGARAAN PESPARAWI XIII