Masalah SD Negeri Inauga Sempan Berlarut-larut, Komisi C Rencana Undang Bupati Mimika

by -
Komisi C kunjungi SD Inpres Inauga Sempan.
Komisi C kunjungi SD Inpres Inauga Sempan.

Timika, fajarpapua.com – Perseteruan antara Kepala Sekolah dan para guru yang bertugas di SD Negeri Inauga Sempan, hingga kini belum juga selesai meski telah beberapa kali dilakukan mediasi.

Melihat permasalahan yang berlarut-larut di lembaga pendidikan dasar itu, Komisi C DPRD Mimika rencananya akan mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Bupati Mimika.

Sekretaris Komisi C DPRD Mimika, Saleh Alhamid kepada fajarpapua.com, Kamis (14/10) mengungkapkan, saat berkunjung ke SD Negeri Inauga Sempan diketahui ternyata masalah di sekolah itu masih terus terjadi.

Dihadapan para guru Saleh mengatakan dewan sudah mengetahui duduk persoalan di sekolah tersebut dan pihaknya tidak mau mendengar Kepsek atau dewan guru saling serang saling menjatuhkan.

“Sebenarnya ini masalah kecil dan sudah melibatkan petinggi daerah ini, tapi anehnya tidak juga dapat diselesaikan. Mungkin dengan cara memanggil Bupati Mimika masalah yang ada bisa segera diselesaikan,” ujarnya.

Sementara Anggota Komisi C, Leonardus Kocu mengatakan, dewan akan menjembatani masalah yang terjadi antara Kepsek dan para guru sesuai mekanisme di DPRD Mimika.

“Dewan akan menggunakan fungsinya dengan memanggil bupati atau Sekda untuk menyelesaikan secara cepat dan komprehensif masalah yang terjadi supaya orang tua murid dan siswa tidak menjadi korban perseteruan itu,” ujarnya.

Sedangkan Anggota Komisi C lainnya, Yulian Solossa mengakui dewan ingin mendengar keluh kesah dari pihak-pihaj yang bertikai untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.

BACA JUGA:  DPRD Mimika Resmi Berhentikan Almarhum Robby Omaleng, Golkar Tunjuk Anton Bugaleng Jadi Ketua Dewan

“Kepsek dan guru jangan saling serang secara pribadi itu tidak bagus. Perseteruan ini membuat KBM tidak jalan efektif, sehingga harus diselesaikan,” ujarnya.

Sedangkan Martinus Walilo, menegaskan dewan akan menyelesaikan masalah di sekolah tersebut melalui RDP dengan bupati atau Sekda Mimika.

“Upaya penyelesaian masalah ini sudah difasilitasi Dinas Pendidikan Mimika, difasilitasi lagi oleh Sekda juga sama. Jalan terakhir dewan harus panggil Bupati atau Sekda dan harus ada keputusan jelas sehingga anak didik tidak jadi korban,” tegasnya.

Anggota dewan lain, Samuel Bunay menuturkan perseteruan Kepsek dan para guru jangan sampai mengorbankan siswa.

“Mestinya masalah ini diselesaikan bersama-sama dengan arif sehingga pengelolaan sekolah berjalan baik dan siswa tidak menjadi korban,” jelasnya.

Sementara Kepsek SD Negeri Inauga, Sempan, Diana Domakubun, SPd berterima kasih atas kunjungan Komisi C DPRD Mimika untuk melihat dan mendengar masalah yang terjadi di sekolah tersebut.

Diana mengakui, di sekolah tersebut memang ada masalah antara dirinya dengan beberapa guru, yang hingga saat ini belum selesai.

Pihaknya berterima kasih jika dewan mau menggunakan kewenangannya untuk mengundang para petinggi di daerah ini untuk seleaaikan masalah di SD Negeri Inauga, Sempan. (mar)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.