Akhiri Dualisme, Simon Kasamol Ditunjuk Pimpin Tim Formatur Persiapan Amungme Bersatu Menuju Musdat Lemasa

by -
Para tokoh Amungme membentuk Tim Formatur pelaksanaan Musdat.
Para tokoh Amungme membentuk Tim Formatur pelaksanaan Musdat.

Timika, fajarpapua.com – Kelembagaan Lemasa saat ini dalam keadaan ‘status quo’. Dualisme kepengurusan yang membuat lembaga adat milik suku Amungme itu terpecah sudah berakhir setelah penunjukkan Simon Kasamol sebagai Ketua Tim Formatur menuju Musyawarah Adat (Musdat) Lemasa.

Kembali bersatunya Lemasa tidak terlepas kesepakatan yang ditandatangani Jumat (10/7/2020) antara Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (Lemasa) Simon Kasamol dan ketua Lembaga Masyarakat Adat Suku Amungme (Lemasa) Donatus Kelanangame di kediaman Yan Piter Magal.

banner 300250

Menindaklanjuti kesepakatan itu, pada Sabtu (23/10) Organisasi Kaum Intelektual Amungsa (OKIA) menggagas pertemuan yang dihadiri ratusan tokoh Amungme untuk pembentukan tim formatur.

Pada sejumlah pertemuan sebelumnya mengalami tantangan tarik-menarik kepentingan. Bahkan muncul banyak kubu di kalangan Amungme dengan berbagai kepentingan di dalam Lembaga Adat tersebut.

Namun setelah dimediasi OKIA pada pertemuan Sabtu (23/10),
Amungme bersatu dalam satu honai menuju MUSDAT.

BACA JUGA:  Para Petinggi Lemasa Ingatkan OKIA Tidak Intervensi Lembaga, Surat kepada Direktur PTFI Dikecam !!!

Simon Kasamol SH ditetapkan sebagai Ketua Umum Tim Formatur Musdat didampingi Jhon Magal sebagai Sekretaris Umum, Danamaris Onawain sebagai Bendahara Umum. Sementara anggota Hans Magal, Agustinus Anggaibak, dan Fransiska Pinimet.

Juga dibentuk perangkat kepanitiaan persiapan Musdat. “OKIA sebagai penanggungjawab Musdat, sehingga segala persiapan akan disusun dan diatur oleh ketua dan Anggota Tim Formatur sampai waktu Hari H,” ungkap perwakilan OKIA, Yohanes Kemong kepada fajarpapua.com, Minggu (24/10).

Dia menyampaikan terima kasih kepada Simon Kasamol SH yang menerima tugas sebagai Ketua Umum Tim Formatur Persiapan Musdat. Dia berharap Simon dan perangkat kepanitiaan bekerja keras mengejar waktu menggelar Musdat hingga menyatukan Suku Amungme dalam satu honai rumah adat.(red)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.