BERITA UTAMAMIMIKA

Menkeu RI Resmikan Gedung Keuangan di Papua, Harap Tidak Menjadi Asing Bagi Masyarakat Papua

cropped cnthijau.png
6
×

Menkeu RI Resmikan Gedung Keuangan di Papua, Harap Tidak Menjadi Asing Bagi Masyarakat Papua

Share this article
Menkeu Sri Mulyani meresmikan Gedung Keuangan Negara di Jayapura.
Menkeu Sri Mulyani meresmikan Gedung Keuangan Negara di Jayapura.

Jayapura, fajarpapua.com – Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani meresmikan Gedung Keuangan Negara di Jayapura pada Jumat (27/11) bertempat di Kantor Keuangan Jayapura di Jalan Ahmad Yani Distrik Jayapura Utara.

Acara tersebut turut dihadiri sejumlah pejabat Papua diantaranya Sekda Provinsi Papua M. Ridwan Rumasukun, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua Drs. Burhani, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Yan Setiadi, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Papua Naek Tigor Sinaga, Wakil Walikota Jayapura H. Rustan Saru serta tamu undangan lainnya.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan gedung keuangan Negara Jayapura akhirnya terwujud dengan baik dari kepengurusan tanah dan dibangun dengan tata kelola yang baik pula.

“Gedung keuangan negara akan digunakan untuk operasional pemerintahan keuangan di Papua, dimana Papua bukan hanya dana Otsus tetapi penggunaan dana desa dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dari APBN dan APBD,” ujar Menkeu Sri Mulyani.

Dengan begitu Sri berharap keberadaan gedung tersebut menjadi modal untuk memberikan dukungan bagi negara, membelanjakan anggaran di Papua, karena perbelanjaan anggaran di Papua cukup besar, baik dari kesehatan, pendidikan maupun instansi vertikal.

“Gedung keuangan negara juga merupakan tempat atau wadah di satu gedung untuk memberikan pelayanan yaitu dirjen yang mempunyai instansi vertikal seperti Dirjen Perbendaharaan, Dirjen Pajak yang bertugas untuk mengumpulkan penerimaan pajak negara, Bea dan Cukai yang bertugas untuk memberikan pelayanan pengawasan dan Dirjen Kekayaan Negara membawahi seluruh aset-aset milik negara yang dikelola oleh Kementerian Keuangan,”jelasnya.

“Dengan adanya gedung ini bisa memberikan pelayanan yang maksimal terutama meningkatkan perekonomian agar kita bisa melihat pembangunan dan masyarakat bisa lihat secara cepat dan akuntabel,” lanjutnya.

Ia pun berharap gedung yang telah dibangun bukan menjadi asing diantara orang-orang Papua karena semua mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk memajukan masyarakat Papua dan ekonomi Papua.

“Sehingga masyarakat bisa merasakan aliran dana dari pusat maupun daerah sendiri sehingga peranan kita untuk mewujudkan ekonomi disini betul-betul terwujud,” pintanya.

Usai memberikan sambutan, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani melakukan prosesi penandatanganan prasasti peresmian Pembangunan Gedung Keuangan Negara Jayapura yang menandakan bahwa gedung tersebut telah resmi. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *