Imbas Sejumlah Maskapai Pindah ke Sisi Selatan Bandara Mozes Kilangin Timika, Begini Nasib “Sisi Utara” pada Nataru Kali ini

by -
Aktivitas sisi selatan Bandara Mozes Kilangin Timika terlihat sepi.
Aktivitas sisi selatan Bandara Mozes Kilangin Timika terlihat sepi.

Timika, fajarpapua.com – Pemirsa, ternyata selama Natal 2021 dan Tahun Baru 2022  (Nataru), angka penumpang di Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika khusus sisi utara tidak mengalami lonjakan berarti. Bisa jadi, hal ini masih berkaitan dengan pandemi Covid-19 dan imbas kepindahan sejumlah maskapai ke sisi selatan bandara tersebut.

Hal ini diungkapkan Kepala Bandara Mozes Kilangin, Subagyo Hadidjan saat ditemui fajarpapua.com, di ruang kerjanya, Senin (3/1/2022).

Dia mengungkapkan, sejauh ini belum ada tanda lonjakan penumpang di sisi utara Bandara Mozes Kilangin.

Hal ini disebabkan maskapai Garuda dan Batik Air sudah pindah ke Bandara Mozes Kilangin sisi selatab sehingga di Bandara sisi utara belum terlihat lonjakan penumpang.

Namun dia mengatakan, tahun ini PT Freeport Indonesia menyediakan penerbangan ke pedalaman bagi karyawan PT Freeport dan keluarganya.

“Selama pandemi Covid-19 penerbangan ke pedalaman vakum, pada tahun ini PT Freeport kembali menyediakan penerbangan ke pedalaman,” ungkapnya.

Penerbangan ke pedalaman menggunakan 3 pesawat airfast dan 3 pesawat jenis grand caravan yang dikhususkan untuk melayani penerbangan karyawan PT Freeport Indonesia dan keluarganya.

“Desember kemarin, pihak Bandara Mozes Kilangin telah menyiapkan 6 pesawat untuk penerbangan ke pedalaman. Banyaknya volume penerbangan tergantung penumpang dan kondisi cuaca, kalau cuaca bagus dalam sehari satu pesawat bisa layani sampai 3 kali penerbangan ke pedalaman,” ujarnya.

Ditambahkan Subagyo, sejauh ini aktivitas masih terpantau aman. Penumpang yang berangkat juga diharapkan selalu mematuhi protokol kesehatan.(AXL)

A valid URL was not provided.