BERITA UTAMAPAPUA

Operasi Yustisi, 48 Penumpang KM. Sinabung Terkonfirmasi Reaktif Covid-19 Setelah Rapid Antigen

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Operasi Yustisi, 48 Penumpang KM. Sinabung Terkonfirmasi Reaktif Covid-19 Setelah Rapid Antigen

Share this article
Penumpang jalani rapid antigen.
Penumpang jalani rapid antigen.

Jayapura, fajarpapua.com- Satgas Covid-19 Kota Jayapura mengkonfirmasi terdapat 48 penumpang KM. Sinabung yang reaktif Covid-19 setelah dilakukan tes rapid antigen.

ads

Data ini didapat saat dilakukan operasi yustisi terhadap para penumpang yang
bertempat di Dermaga Pelabuhan Laut Jayapura, Kamis (10/2).

Operasi yustisi dipimpin langsung Ketua Koordinator Bidang V Penegakkan Hukum dan Pendisiplinan Satgas Covid-19 Kota Jayapura yang juga Wakapolresta Jayapura, AKBP Supraptono, didampingi Kasat Pol-PP Kota Jayapura Kompol Mukhsin Ningkeula, dan diikuti personil gabungan TNI-Polri, Satpol-PP Kota Jayapura, KPLP Pelabuhan Laut Jayapura dan Polsek KPL Jayapura.

AKBP Supraptono usai pelaksanaan yustisi menjelaskan, saat ini warga yang terpapar Covid-19 di Kota Jayapura meningkat.

Dari data yang ada lanjutnya, sebagian besar warga yang terpapar adalah pelaku perjalanan yang masuk melalui pelabuhan atau penumpang dari luar yang masuk di Kota Jayapura dengan menggunakan kapal laut.

“Hari ini kita kembali lakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan sekaligus pemeriksaan bagi para penumpang yang turun dari KM. Sinabung di pelabuhan laut Jayapura,”kata AKBP Supraptono.

Ia mengatakan, setiap penumpang yang turun dari kapal diarahkan menuju meja pemeriksaan dokumen perjalanan bagi penumpang lokal atau dari dalam Papua sedangkan penumpang dari luar Papua dilakukan pemeriksaan Rapid Antigen.

“Jumlah keseluruhan penumpang turun sebanyak 656 orang, dengan rincian 388 orang dari dalam wilayah Papua dan 268 orang atau penumpang dari luar Papua yang dilakukan pemeriksaan rapid antigen ditempat,”ujarnya.

Dikatakan Supraptono, dalam pemeriksaan tersebut, ada 268 penumpang yang dilakukan rapid antigen, sebanyak 48 orang dinyatakan reaktif.

“Selanjutnya kami tindak lanjuti dengan pemeriksaan Swab PCR ditempat kemudian diperintahkan pulang ketempat tujuan dan melakukan isolasi mandiri,” jelasnya.

Ia pun menambahkan, bila dari hasil Swab PCR yang dilakukan nantinya ada yang dinyatakan Positif Covid-19, maka tim kesehatan dari Satgas Covid-19 Kota Jayapura akan melakukan penjemputan untuk dibawa langsung ke tempat Isolasi Terpadu yang rencananya akan dibuka kembali mulai Jumat (11/2) untuk pelayanan pasien yang terpapar Covid-19 wilayah Kota Jayapura. (hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *