BERITA UTAMAMIMIKAPAPUA

Komandan Perang Teroris KKB Papua Tewas Ditembak di Ilaga, Jenazahnya Langsung Dibakar

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

Komandan Perang Teroris KKB Papua Tewas Ditembak di Ilaga, Jenazahnya Langsung Dibakar

Share this article
Kasar Kulua
Kasar Kulua

Timika, fajarpapua.com-  Salah satu anggota Teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, Kasar Kulua atau Kasar Tabuni dikabarkan tewas dalam kontak dengan aparat gabungan TNI-Polri pada Minggu (20/2) lalu.

Kasar Kulua sendiri selama ini diketahui menjabat sebagai Komandan Perang Teroris KKB Papua yang sering beroperasi di daerah Ilaga, Kabupaten Puncak.

Ads

Dari data yang dihimpun fajarpapua.com, Selasa (22/2) aksi baku tembak yang menewaskan Kasar Kulua terjadi ketika aparat keamanan hendak mengevakuasi dua korban penembakan KKB di Bandara Aminggaru, Puncak.

Terkait tewasnya satu anggota Teroris KKB Papua di Ilaga ini dibenarkan oleh Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani saat dikonfirmasi wartawan.

“Iya ada satu (anggota KKB ) tewas, korban diketahui bernama Kasar Tabuni,” ujarnya.

Menurutnya, usai terjadi baku tembak saat proses evakuasi dua korban penembakan pada Sabtu (19/2), personel gabungan yang berada di lokasi kejadian telah memastikan kematian anggota Teroris KKB Papua tersebut.

Kombes Faizal Ramadhani juga mengkonfirmasi, jenazah Kasar Kulua dibawa dan langsung dibakar oleh rekannya sesama anggota Teroris KKB Papua setelah kontak senjata selesai.

“Jenazahnya sudah mereka bakar tadi malam,” katanya.

Seperti diketahui, saat ini situasi keamanan di Kabupaten Puncak diketahui kembali memanas setelah Teroris KKB Papua melakukan aksi penembakan dan pembakaran pada Sabtu (19/2) lalu.

Aksi tersebut menyebabkan Anggota Kopasgat TNI AU yang bernama Praka Fermansyah (29) dan seorang pekerja PT MTT, Glen Sumampo (30) terluka akibat tembakan.

Aksi brutal Teroris KKB Papua berlanjut pada Minggu (20/2), mereka melakukan aksi penembakan dan pembakaran sejumlah rumah milik penduduk setempat.

Sebby Sembom Kabarkan Berita Duka

Sementara itu Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM), Sebby Sambom menyampaikan berita duka atas tewasnya Kasar Kulua.

Sebby mengakui Kasar Kulua tewas dalam baku tembak dengan pasukan TNI-Polri di areal Bandara Aminggaru, Ilaga pada Minggu (20/2) sekira pukul 12.25 WIT.

“Pasukan terbaik TPNPB atas nama Kasar Kulua menjadi korban akibat tertembak pasukan keamanan Indonesia,” ujar Sebby.

Pemakaman jenazah Kasar Kulua dilakukan pada Minggu (20/2) pukul 19.00 WIT, dengan upacara kemiliteran di markas TPN-OPM wilayah Puncak.

” Kasar Kulua adalah Komandan Batalyon TPNPB Kodap Ilaga. Kami dari Markas Pusat TPNPB – OPM berduka,” ujar Sebby. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *