BERITA UTAMAPAPUA

MTQ XXIX Kabupaten Jayapura Diikuti 191 Qori dan Qoriah, Demetouw: Alquran Tuntunan dan Pedoman Umat Muslim

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

MTQ XXIX Kabupaten Jayapura Diikuti 191 Qori dan Qoriah, Demetouw: Alquran Tuntunan dan Pedoman Umat Muslim

Share this article
Asisten III Setda Kabupaten Jayapura Timothius Demetouw saat membuka pelaksanaan MTQ XXIX.
Asisten III Setda Kabupaten Jayapura Timothius Demetouw saat membuka pelaksanaan MTQ XXIX.


ads

Jayapura, fajarpapua.com– MTQ XXIX Kabupaten Jayapura Tahun 2022 resmi digelar di Masjid Al-Aqsha Sentani , Kamis (24/3).

Hadir dalam acara tersebut Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura Timothius Demetouw, Jajaran Forkopinda, Ketua LPTQ Kabupaten Jayapura dan kafilah dari sejumlah distrik.

Dalam sambutannya mewakili Bupati Jayapura, Asisten III Setda Jayapura meyampaikan apresiasi kepada LPTQ Kabupaten Jayapura yang telah berupaya keras dalam penyelenggaraan MTQ di masa pandemic Covid-19.

Dikatakan panitia tetap berupaya menyelenggarakan ajang perlombaan MTQ tingkat Kabupaten Jayapura ini dengan semangat dalam suasana rukun sesuai dengan tema “ Aktualisasi nilai-nilai isi kandung Alquran untuk pencerahan kehidupan berbangsa dan bernegara yang rukun dan damai di bumi kenaumbai umbai.”

“Pemerintah menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pengurus LPTQ Kabupaten Jayapura,”kata Timothius Demetouw.

Dengan pembinaan yang dilakukan LPTQ secara terus menerus lanjutnya, Kabupaten Jayapura selaku tampil pada ajang MTQ atau STQ di tingkat Provinsi Papua maupun tingkat Nasional.

“Bahkan, salah satu Qoriah asal Kabupaten Jayapura mampu meraih prestasi juara I pada MTQ maupun STQ tingkat Nasional,” ujarnya.

Untuk itu, kata Demetouw prestasi yang diraih Qoriah ini menjadi salah satu indikator jika Provinsi Papua dan Kabupaten Jayapura tidak ketinggalan dengan daerah-daerah lain di Indonesia dalam hal pembinaan baca seni Alquran.

“Melalui MTQ XXIX Kabupaten Jayapura bisa memberikan motivasi kepada masyarakat untuk selalu membaca, memahami dan mengamalkan Alquran sebagai tuntunan dan pedoman setiap muslim,” ujarnya

Sementara itu, Ketua LPTQ Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri mengatakan, pelaksanaan MTQ XXIX 2022 itu berlangsung selama tiga hari hingga 24-26 Maret 2022 yang diikuti oleh para peserta kafilah Qori Qoriah dari sejumlah distrik, Kabupaten Jayapura.

Ia menjelaskan, penyelenggaraan MTQ kali ini telah siap dilaksanakan dan secara teknis perlombaan dimulai Jumat (24/3) bertempat di Halaman Masjid Al Aqsha dan Pondok Pesantren YKPK Sentani.

“Peserta akan diperlombakan, Tilawatil Al-Qur’an, Hifdzil Al-Qur’an (hafalan), Syarhil Qur’an (pidato), Fahmil Qur’an (cerdas cermat), Khat Qur’an (kaligrafi) dan KTIQ (karya tulis ilmiah Qur’an),”ujar Abdul Rahman Basri.

Para peserta atau qori dan Qoriah yang mengikuti MTQ berjumlah 167 orang untuk enam cabang yang dilombakan.

“Sehingga jumlah total keseluruhan peserta yang terlibat ada 191 terdiri dari 167 orang peserta dan 24 orang official,” tutupnya. (hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *