BERITA UTAMAMIMIKA

Layani Kesehatan Warga, Puskesmas Mapurujaya Gelar Pelayanan Door to Door, Warga Kampung Hiripau Diminta Diam di Rumah

cropped cnthijau.png
4
×

Layani Kesehatan Warga, Puskesmas Mapurujaya Gelar Pelayanan Door to Door, Warga Kampung Hiripau Diminta Diam di Rumah

Share this article
Foto: EDY Slah satu Nakes Puskesmas Mapurujaya saat melakukan Imunisasi di Kampung Tipuka.
Foto: EDY Slah satu Nakes Puskesmas Mapurujaya saat melakukan Imunisasi di Kampung Tipuka.

Timika, fajarpapua.com – Seluruh warga masyarakat Kampung Hiripau, Distrik Mimika Timur pada Senin (20/6) diminta untuk tetap di rumah serta tidak meninggalkan kediaman mereka jika dirasa tidak penting.

Himbauan inj dilakukan karen petugas kesehatan dari Puskesmas Mapurujaya rencananya akan melakukan pelayanan kesehatan dari rumah ke rumah atau door to door.

ads

Adapun sasaran pelayanan kesehatan adalah berupa pemeriksaan Malaria, Tuberculosis (TBC), Frambusia, imunisasi, HIV, Kusta dan pelayanan lanjut usia .

“Yankes itu sebagai bagian dari bentuk pelayanan dari unit kesehatan masyarakat di Puskesmas Mapurujaya,” ujar Kepala Puskesmas Mapuru Jaya, Ona Bunga SSi, A.Pt kepada fajarpapua.com, Sabtu, (18/6) lalu.

“Rencananya Senin ini di Kampung Hiripau, seluruh RT akan kami layani dari rumah ke rumah. Pelayanan semua dilaksanakan di tempat. Kami harap warga untuk tidak keluar rumah,” ajak Ona Bunga.

Menurut Ona, layanan kesehatan dari rumah ke rumah sangat perlu sebagai upaya mendekatkan diri kepada masyarakat untuk mempromosikan kesehatan sekaligus pencegahan dan pengobatan.

“Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat khusunya dalam jangkauan Pelayanan di Puskesmas Mapurujaya, Distrik Mimika Timur,” jelasnya.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan serupa yang dilaksanakan l pekan sebelumnya di Kampung Tipuka dan Kampung Pomako.

“Di dua kampung sebelumnya warga antusias dalam menerima pelayanan. Bahkan warga dari usia Balita, anak sampai dewasa serta Lansia mengikuti kegiatan,” terang Ona Bunga.

Dari kegiatan pelayanan kesehatan door to door di Du kampung tersebut lanjutnya, petugas menemukan sejumlah kasus diantaranya suspek TBC sebanyak 20 orang, malaria sekitar 30 warga tanpa gejala dan penyakit Kusta 2 (dua) orang positif.

“Sementara untuk penyakit kulit atau scabies hampir di setiap kampung ada saja anak dan orang dewasa yang terkena,” ujarnya.

Ona Bunga menjelaskan, pelayanan kesehatan diluar gedung Puskesmas Mapurujaya atau langsung mendatangi setiap masyarakat dinilai sangat efektif karena warga tidak perlu keluar rumah.

Oleh karena itu, Ona Bunga beserta seluruh Tim UKM mengharapkan dukungan semua warga untuk dapat menerima pelayanan kesehatan dari petugas di Kampung Hiripau. (edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *