BERITA UTAMAMIMIKA

Nabire Ditunjuk Jadi Ibukota, PMII Mimika Minta Pemkab Mimika Buka Dialog Interaktif Terkait DOB Papua Tengah

cropped cnthijau.png
4
×

Nabire Ditunjuk Jadi Ibukota, PMII Mimika Minta Pemkab Mimika Buka Dialog Interaktif Terkait DOB Papua Tengah

Share this article
Abdullah Rahman Bugis
Abdullah Rahman Bugis

Timika, fajarpapua.com Bupati Mimika diminta membuka dialog interaktif bersama pemuda, Ormas dan mahasiswa terkait problematika pemekaran Papua Tengah.

“Kita duduk bersama bagaimana kita berdialog dan menyatukan persepsi untuk sama-sama mendorong DOB, menjemput Otsus Jilid II,” ujar Abdullah Rahman Bugis, Ketua Karateker PMII Cabang Persiapan Mimika, Kamis (23/6) di Timika.

ads

Sebagai pemuda pihaknya mendukung penuh DOB dan Otsus Jilid II, namun ada opsi yang menjadi tawaran khusus dari PMII bahwa pemerintah hendaknya menyikapi persoalan yang terjadi.

“Karena Papua ini salah satu budaya yang melahirkan orientasi perdamaian, pada era Gus Dur hingga SBY dimana pemerintah pusat telah membuka dialog interaktif dalam penyelesaian Papua,” katanya.

Dikemukakan, sepatutnya pemerintah lebih objektif melihat berbagai sisi seperti politik, ekonomi, SDM, pendidikan, kesehatan dan itu yang sebenarnya menjadi kebutuhan dasar.

“Pemerintah pusat saat ini telah membuka ruang bagi kita untuk dimekarkan menjadi beberapa provinsi salah satunya Provinsi Papua Tengah. Untuk itu perlu dialog interaktif, dan lebih objektif melihat hal ini, pemerintah harus membuka ruang sehingga pada suatu hari tidak menjadi konflik antar masyarakat di Kabupaten Mimika,” lanjutnya.

Dikatakan, pemerintah pusat telah memulai pembahasan sehingga kabupaten harus menyiapkan beberapa hal yang menjadi kejanggalan kedepan dan salah satunya membuat forum khusus untuk menyelesaikan masalah agar tidak terjadi konflik.

“Ini masih berkaitan antara pro dan kontra, DPR RI saat RDP mereka sepakat bahwa Nabire menjadi Ibukota Papua Tengah, dan ini kembali kepada pemerintah pusat. Sehingga pemerintah daerah Mimika harus objektif membuka ruang dialog untuk menghasilkan poin rekomendasi khusus yang bisa menjadi perhatian khusus pemerintah pusat bahwa Timika siap,” tutupnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *