BERITA UTAMAMIMIKA

Ikuti Peringatan HUT Bhayangkara ke 76 Secara Virtual, Jajaran Polres Mimika Gelar Syukuran

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
3
×

Ikuti Peringatan HUT Bhayangkara ke 76 Secara Virtual, Jajaran Polres Mimika Gelar Syukuran

Share this article
IMG 20220705 WA0027
Foto: Febri Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra saat memotong tumpeng peringatan HUT Bhayangkara ke-76 yang diserahkan kepada Kasatreskrim Polres Mimika.

Timika, fajarpapua.com – Jajaran TNI dan Polri di Kabupaten Mimika pada Selasa (5/7) mengikuti peringatan HUT Bhayangkara ke-76 secara virtual di lapangan Mapolres Mimika di Jalan Agimuga, Mile 32, Kuala Kencana.

Upacara HUT Bhayangkara ke 76 secara virtual di Kabupaten Mimika diikuti personel gabungan TNI, Polri, serta organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Mimika serta Kantor Basarnas Timika.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Secara nasional upacara HUT Bhayangkara ke 76 dipusatkan di Kampus Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah, yang secara virtual dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) yang bertindak selaku inspektur upacara.

Kedatangan Presiden Jokowi disambut langsung oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Listyo S Prabowo, dan sejumlah pejabat negara lainnya.

Upacara yang dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya itu yang bertindak sebagai komandan upacara yakni Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol)  Muhamad Erwin.

Setelah itu, Jokowi meninjau pasukan Upacara dengan menaiki mobil patroli sambil diiringi lagu Maju Tak Gentar oleh pasukan marching band. Ia  juga menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya kepada tiga polisi.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas semangat Polri yang terus melayani masyarakat.

“Tugas kita masih banyak yakni pandemi Covid-19 masih harus kita atasi, harus waspada atas ketidak pastian global, dan harus semakin siap dalam menghadapi ancaman berbasis teknologi terbaru,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi juga mengingatkan terkait agenda G20 yang akan berlangsung pada November 2022 mendatang di Bali, yang akan dihadiri oleh seluruh Kepala Negara.

“Ini harus kita kawal agar semuanya dapat berjalan dengan baik, begitu juga dengan hajatan yang lainnya. Dalam menjalankan tugasnya Polri, harus mampu bersinergi dengan TNI dan pihak-pihak yang lainnya dalam mewujudkan keamanan di negara ini,” tegasnya.

Presiden Jokowi juga meminta Polri untuk siap menghadapi agenda besar lainnya yang tidak kalah penting yaitu pelaksanaan Pilpres dan Pilkada serentak Tahun 2024.

AKBP I Gede Putra Pimpin Upacara di Mapolres Mimika

Sedangkan di Mapolres Mimika, upacara peringatan HUT Bhayangkara yang ke 76 dipimpin Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra.

Saat membacakan amanat Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri, Kapolres Gede menegaskan seluruh capaian dan keberhasilan yang telah diraih Polri dalam pelaksanaan tugas tidak terlepas dari dukungan serta peran dari stakeholder dan masyarakat.

‘Thema “Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh–Indonesia Tumbuh” merupakan representasi dari tekad dan semangat polri dalam menindaklanjuti program dan kebijakan yang dicanangkan oleh pemerintah melalui upaya pembenahan dan perubahan yang dilakukan secara substansial dan strategis,” ujarnya.

Dikatakan hal tersebut menjadi penting untuk dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kinerja serta pelayanan prima kepolisian kepada masyarakat dalam mewujudkan transpormasi Polri yang presisi .

“Dalam implementasi nya pelaksanaan harus dimulai dari pihak pribadi personel Polri untuk kembali mengaplikasikan nilai-nilai dasar kehidupan untuk menjadi teladan masyarakat dan budaya disiplin serta menerapkan kaidah positif lainnya,” paparnya.

Tugas-tugas Polri saat ini dan kedepan akan sangat berat dan kompleks menciptakan situasi kamtibmas di era Demokrasi dan kebebasan tidaklah mudah .

“Anggota Polri harus menjadi contoh dalam kepatuhan dan keteladanan kepada hukum, hal tersebut adalah cara efektif untuk mendidik masyarakat agar senantiasa patuh dan taat hukum,” terangnya.

Kedepan, jajaran Polda Papua termasuk Polres Mimika terus berupaya secara konsisten dan senantiasa mengharapkan adanya masukan, kritik dan sara yang konstruktif dari seluruh lapisan masyarakat sehingga kwalitas pelayanan kepolisian akan terus meningkat.

Selanjutnya HUT Bhayangkara ke-76 di Mapolres Mimika dilanjutkan dengan syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, SH SIK dan diserahkan kepada 2 perwakilan anggota Polres Mimika dengan NRP tertua dan termuda.

Kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tamah yang diisi dengan hiburan serta penyerahan piagam penghargaan serta piala kepada sejumlah pemenang perlombaan yang digelar jelang HUT Bhayangkara ke-76. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *