BERITA UTAMAMIMIKA

Dinas Koperasi dan UMKM Minta BUMN di Mimika Tidak Menutup Diri, Diminta Bina Usaha Kecil

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Dinas Koperasi dan UMKM Minta BUMN di Mimika Tidak Menutup Diri, Diminta Bina Usaha Kecil

Share this article
IMG 20220713 WA0044
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Mimika, Petrus Yumte

Timika, fajarpapua.com – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Mimika meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membantu pemerintah daerah dalam membina para pengusaha kecil di daerah ini.

BUMN yang beroperasi di Kabupaten Mimika diminta untuk tidak menutup mata melihat ekonomi masyarakat yang porak-poranda setelah adanya pandemi Covid-19.

ads

“Saya harap dengan bantuan BUMN, Koperasi dan UMKM bisa tumbuh dengan baik agar masyarakat bisa mempunyai pendapatan yang bisa mendukung kesejahteraan mereka,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Mimika Petrus Yumte SH kepada wartawan, Rabu (13/7) di Timika.

Dinas yang dipimpinnya, lanjut Yumte, akan berusaha mengaktifkan kembali koperasi dan UMKM yang bermitra dengan BUMN

“Kita berharap mereka (BUMN) bisa memberdayakan koperasi dan UMKM untuk mengcover pekerjaan yang kecil-kecil sehingga bisa merasakan efek dari kemajuan Mimika,” katanya.

Oleh karena itu tahun ini Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Mimika mencoba membangun komunikasi dengan sejumlah BUMN.

“Jika memungkinkan BUMN ini kami harapkan menjadi bapak angkat bagi UMKM di Kabupaten Mimika. Contohnya, mama-mama penjual pinang, keripik dan sagu, karena potensi kita cukup banyak disini,” jelasnya.

Yumte menjelaskan meski memiliki potensi yang lumayan baik, kebanyakan UMKM tidak bisa berkembang karena terkendala permodalan.

“Mereka terkendala modal, pemasaran dan manejemen, sehingga saya harap teman-teman dari BUMN jangan menutup diri, mereka harus bermitra dengan pemerintah untuk hal-hal seperti itu,” tandasnya.

“Banyak peluang ada di BUMN sebenarnya tapi ya BUMN ini belum terbuka benar untuk melihat itu, padahal ada paket-paket yang mereka bisa dorong ke masyarakat untuk dibantu, dibina, diarahkan,” imbuhnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *