BERITA UTAMAMIMIKA

Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mimika Gandeng Telkomsel Dukung UMKM Orang Asli Papua

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mimika Gandeng Telkomsel Dukung UMKM Orang Asli Papua

Share this article
IMG 20220729 WA0014
Penyerahan plakat simbol kerjasama

Timika,fajarpapua.com- Telkomsel terus menunjukkan komitmennya terhadap pengembangan UMKM di Indonesia guna memperkuat perekonomian bangsa dengan membuka beragam kolaborasi.

Salah satunya diwujudkan dengan menjalin sinergi melalui Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mimika berupa dukungan kepada UMKM Orang Asli Papua di Kabupaten Mimika untuk menjadi reseller atau penjual pulsa dan produk-produk Telkomsel.

ads

Penyerahan secara simbolis kerja sama tersebut berlangsung pada hari Jumat (29/7) bertempat di kantor Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mimika.

Manager Telkomsel Branch Timika Ondo Harinduan Putra mengatakan pihaknya memberikan kesempatan dan bantuan modal bagi para pelaku UKM Orang Asli Papua untuk dapat berjualan pulsa menggunakan aplikasi DigiPOS Aja! yang merupakan aplikasi resmi dari Telkomsel.

“Program ini sudah berjalan mulai dari awal bulan Juli ini dan saat ini ada sebanyak 15 pelaku UKM Orang Asli Papua yang sudah bergabung,” ujarnya.

Dukungan yang diberikan oleh Telkomsel antara lain adalah pelatihan menjadi reseller Telkomsel dengan menggunakan aplikasi DigiPOS Aja!, pemberian bantuan modal senilai Rp 200 ribu dalam bentuk saldo LinkAja untuk masing-masing UKM, dan bantuan material promo berupa spanduk.

Sementara itu, dari pihak Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mimika memberikan bantuan berupa handphone Android yang nantinya akan dipergunakan untuk berjualan pulsa dan produk Telkomsel lainnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mimika Dr. Petrus Yumte, S.H., M.Si mengatakan pihaknya sebagai fasilitator dan siap memberikan dukungan.

“Jadi apa yang kita mulai, mari kita rawat, dan jaga terus. Secara kualitas mungkin sedikit, tetapi secara kuantitas nantinya akan semakin besar dan berkembang jumlah UMKM yang bergabung. Yang penting mereka rajin berjualan. Telkomsel juga bisa membantu masyarakat kita, baik itu kelompok tani, atau yang belum masuk, sehingga semua pihak bisa terlibat sejauh mungkin,” jelas Yumte.

Sasaran penerima program ini di antaranya adalah mama-mama yang berjualan pinang, noken, keripik, dan sebagainya yang biasa ditemui di pasar, jalan poros, maupun di tempat umum.

“Kita tawarkan untuk menjadi reseller Telkomsel dengan sejumlah bantuan modal yang nantinya akan diberikan. Harapannya, program ini dapat terus berlanjut, usaha penjualan mereka pun dapat meningkat serta untung juga berlipat,” lanjut Ondo.

Epifani Ratuanik penjual pinang di Nawaripi yang mendapatkan bantuan modal usaha mengatakan bersyukur, adanya kerja sama dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mimika dan Telkomsel yang membantu memberikan bantuan modal.

“Terima kasih banyak, sudah membantu dan memberikan arahan untuk saya berjualan pulsa, sehingga nantinya juga bisa membantu anak saya. Melalui kerja sama ini, kami ingin membuka lebih luas peluang bagi para UMKM khususnya Orang Asli Papua agar dapat lebih berdaya dan bersaing dengan memanfaatkan beragam keunggulan digital yang dihadirkan oleh Telkomsel,” tutup Ondo.(feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *