BERITA UTAMAMIMIKA

15 Ton Beras Didistribusikan ke Wamena, Karantina Pertanian Timika Pastikan Kelayakannya

cropped cnthijau.png
5
×

15 Ton Beras Didistribusikan ke Wamena, Karantina Pertanian Timika Pastikan Kelayakannya

Share this article
d00a961e 78b4 412d a3be 84a6a4995df1
Foto: Dok. Nampak petugas Kantor Karantina Pertanian Timika sedang memeriksa beras yang akan dikirim ke Wamena bertempat di Terminal Cargo Bandara Mozes Kilangin.

Timika, fajarpapua.com – Sebanyak 15 ton beras akan didistribusikan ke Wamena dan sekitarnya guna memenuhi kebutuhan pokok masyarakat setempat

Sebelum didistribusikan oleh Pengguna Jasa, mereka melaporkan dan menyerahkan kepada pihak Karantina Pertanian Timika untuk dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

ads

Menurut Pejabat Karantina Tumbuhan pada Kantor Karantina Pertanian Timika, Desri Yulda melalui rilisnya, mengungkapkan tindakan karantina dilakukan untuk memastikan kelayakan beras tersebut.

Tindakan yang dilakukan lanjutnya, berupa pemeriksaan fisik secara organoleptik untuk melihat apakah beras dalam kondisi baik atau tidak.

Selanjutnya pemeriksaan higienitas untuk melihat kebersihannya, serta kesesuaian jenis dan jumlah karung yang tertera.

“Setelah kami lakukan tindakan karantina, dipastikan beras tersebut telah memenuhi persyaratan karantina, dan siap didistribusikan,” ujar Desri Yulda.

Dikatakan, dalam melalulintaskan media pembawa termasuk beras pengguna jasa diwajibkan untuk melengkapi dan memenuhi persyaratan karantina pertanian.

Ditekankan pula, lalulintas media atau komoditas juga harus dilakukan melalui pintu pemasukan dan pengeluaran yang ditetapkan oleh pemerintah.

Selain itu, setiap komoditas yang akan dikirimkan juga harus dilengkapi sertifikat kesehatan dari daerah asal dan diserahkan ke pejabat karantina dimana barang tersebut dikirimkan. (mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *