BERITA UTAMAMIMIKA

Mimika Dianugerahi Sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal, Wabup John Rettob : Kita Masih Terus Perjuangkan Usulan yang Lain

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

Mimika Dianugerahi Sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal, Wabup John Rettob : Kita Masih Terus Perjuangkan Usulan yang Lain

Share this article
Johannes Rettob Wakil Bupati Mimika
Johannes Rettob Wakil Bupati Mimika

Timika, fajarpapua.com – Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob memberikan apresiasi kepada Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) terkait pemberian sertifikat kekayaan intelektual bagi karya seni dan budaya masyarakat Amungme dan Kamoro (Mimika Wee).

Wabup Mimika mengatakan pemberian sertifikat kekayaan intelektual komunal dari Kementerian Hukum dan HAM RI untuk Patung Mbitoro dan Pesta Budaya Karapao yang merupakan milik suku Kamoro, menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Mimika dimana selama ini berjuang untuk mendapatkan pengakuan oleh negara.

ads

“Kita bersyukur bahwa perjuangan untuk mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual baik secara kelompok maupun individu sudah terjawab,” ujar Wabup JR saat ditemui Selasa (23/8/2022).

Sebelumnya, lanjut Wabup JR, yang diusulkan itu untuk komunal dari Kamoro ada 9 dan dari Amungme ada 11, sehingga total 20 usulan. Tapi yang baru disetujui dua usulan, karena datanya lengkap sementara yang lain masih dalam proses perbaikan.

“Kemarin kita dapat 12 HAKI, dua komunal dan 10 dari kategori personal. Dari sepuluh personal ini merupakan hak cipta lagu saudara Frans Mameyau,” tandas Wabup.

Selain itu, dia menambahkan dirinya telah berkoordinasi dengan Tim Kemenkumham agar datang ke Mimika bekerjasama dengan Bank BRI supaya UMKM didaftarkan karena yang sudah terdaftar cukup banyak sehingga bisa didaftarkan HAKI.

“Nanti akan ada tim dari Jakarta yang datang ke Mimika untuk melaksanakan sosialisasi terkait manfaat hak komunal. Kita targetkan di bulan Oktober nanti kegiatannya sudah bisa dilaksanakan,” imbuhnya.(ana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *