BERITA UTAMAMIMIKA

Dandim 1715 Yahukimo Pantau Pencarian Jasad Korban Mutilasi di Timika

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Dandim 1715 Yahukimo Pantau Pencarian Jasad Korban Mutilasi di Timika

Share this article
IMG 20220830 WA0146 copy 800x600 1
Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf Tethool, Rabu (31/8/2022), mendampingi Penjabat Bupati Nduga Namia Gwijangge, untuk memantau pencarian empat warga asal Nduga yang menjadi korban pembunuhan oleh 10 pelaku, termasuk enam anggota TNI-AD di Timika.

Jayapura, fajarpapua.com– Komandan Kodim (Dandim) 1715/Yahukimo Letkol Inf JV Tethool, Rabu, mendampingi Penjabat Bupati Nduga NamIa Gwijangge memantau pencarian empat warga yang menjadi korban mutilasi dan jasadnya dibuang di Sungai Pigapu, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, Papua. 

Pencarian hingga Rabu, dilakukan tim SAR gabungan di sekitar lokasi tempat pembuangan jasad keempat korban. 

ads

Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf JV Tethool, di Timika, Rabu, mengatakan tim SAR gabungan berusaha semaksimal mungkin untuk menemukan jasad korban yang belum ditemukan. 

“Korban merupakan warga di wilayah Kodim 1715 Yahukimo, sehingga selaku Dandim bersama Bupati dan Kapolres akan mencari jasad korban sampai diketemukan,” kata Letkol Tethool. 

Dia menyatakan pula, Panglima TNI sebelumnya sudah menegaskan bila ada anggota TNI yang terlibat akan diproses sesuai hukum yang berlaku. 

Polres Mimika juga akan menjelaskan motif kejadian tersebut, dan berharap masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu-isu serta mendengarkan penjelasan Penjabat Bupati agar tercipta ketenangan di masyarakat, kata Letkol Tethool pula. 

Penjabat Bupati Nduga Namia Gwijangge di Timika mengatakan, proses pencarian jasad korban akan terus dilakukan hingga beberapa hari ke depan, karena para korban merupakan masyarakat dari Nduga. “

Kami akan berkoordinasi dengan pihak keluarga apakah jasad yang sudah ditemukan akan dibawa ke Kenyam untuk dimakamkan atau dimakamkan di Timika,” kata Namia lagi. 

Empat warga sipil yang menjadi korban pembunuhan sadis itu adalah Arnold Lokbere, Irian Nirigi, Leman Nirigi, dan seorang korban lainnya belum diketahui identitasnya. 

Pelaku pembunuhan berjumlah 10 orang, enam di antaranya anggota TNI-AD dari Brigif 20.

Pembunuhan dilakukan Senin (22/8), di SP 1, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika. 

Adapun 10 pelaku pembunuhan yaitu empat warga sipil APL alias Jeck, DU, R, dan RMH.

Sedangkan enam pelaku yang anggota TNI-AD dari Brigif 20 yakni Mayor Inf Hf, Kapten Inf DK, Praka PR, Pratu RAS, Pratu PC dan Pratu R. Wilayah Kodim 1715 Yahukimo meliputi Kabupaten Yahukimo, Nduga, dan Kabupaten Pegunungan Bintang.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *