BERITA UTAMAMIMIKA

Hingga September 2022 DPT Turun 50 Ribu Orang , Dewan Dorong Ribuan Karyawan di Area Freeport Urus KTP Mimika

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Hingga September 2022 DPT Turun 50 Ribu Orang , Dewan Dorong Ribuan Karyawan di Area Freeport Urus KTP Mimika

Share this article
IMG 20220928 WA0004
Ketua Komisi A DPRD Mimika, Daud Bunga

Timika, fajarpapua.com – Hingga September 2022, tercatat sebanyak 180 ribu orang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Mimika.

Angka ersebut masih jauh dibawah jumlah DPT yang tercatat dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 lalu.

ads

Menurut Ketua Komisi A DPRD Mimika, Daud Bunga kondisi ini terjadi karena banyak warga yang belum memiliki atau memperbarui administrasi kependudukan mereka.

Untuk itu, legislator dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) tersebut mengimbau warga Mimika yang belum memiliki KTP domisili Mimika, agar segera mengurus dokumen kependudukan jelang pesta demokrasi Pemilu Serentak 2024.

“Jumlah DPT Mimika pada Pemilu Tahun 2019 sebanyak 231 ribu orang. Namun per September 2022 kemarin, DPT Mimika tercatat turun drastis dan barub mencapai 180 ribu. Artinya DPT Mimika anjlok kurang lebih 50 ribu orang,” ujarnya.

Penurunan angka DPT yang sangat signifikan ini menimbulkan kekhawatirannya terutama terkait hak suara warga negara.

DPRD Mimika sebagai representasi warga telah menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan KPU Mimika untuk mengetahui dan memastikan apakah penurunan DPT tersebut telah melalui proses pendataan yang valid.

“Kami undang KPU, sehingga hal ini betul-betul dicermati serius. Namun, penjelasan dari KPU tadi, bahwa mereka akan melakukan terus dan mengupayakan pencermatan-pencermatan dengan dinas-dinas terkait,” jelasnya.

Daud Bunga menambahkan, yang menjadi perhatian pihaknya juga adalah ribuan karyawan di area PT Freeport Indonesia di Distrik Tembagapura yang tidak mempunyai KTP Mimika, sehingga tidak bisa menyalurkan suara khususnya untuk Pileg dan Pilkada.

Menurutnya, jika memang sudah lama bekerja dan tinggal di Mimika, maka harusnya sudah bisa membuat KTP Mimika.

Ia mendorong bukan hanya warga di areal kerja, tapi juga yang ada di Kota Timika, bagi yang belum ber-KTP Mimika, maka segera mengurus ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Perlu ada kesadaran dari warga Mimika itu sendiri. Yang belum punya KTP Mimika, segera buat. Tentunya supaya memudahkan KPU melakukan pendataan DPT. Semua pihak harus mendukung dan membantu KPU supaya betul – betul menghasilkan Pemilihan Umum yang berkualitas,” tandasnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *