BERITA UTAMAMIMIKA

Pengadaan Barang dan Jasa akan Gunakan Aplikasi Ekatalog, Plt. Bupati Minta Prioritaskan Produk Lokal

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

Pengadaan Barang dan Jasa akan Gunakan Aplikasi Ekatalog, Plt. Bupati Minta Prioritaskan Produk Lokal

Share this article
IMG 20220928 WA0020
Rapat koordinasi pengawasan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri atau P3DN di ruang rapat lantai III Kantor Pemerintahan SP 3, Rabu (28/9).

Timika, fajarpapua.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika telah melakukan rapat koordinasi pengawasan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri atau P3DN di ruang rapat lantai III Kantor Pemerintahan SP 3, Rabu (28/9).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Plt. Bupati Mimika, Johannes Rettob didampingi Asisten II, Kabag PBJ, Asisten III dan dengan dihadiri oleh beberapa OPD teknis lainnya.

ads

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Mimika, Bambang W Wicaksono mengatakan Peningkatan Produk Dalam Negeri yang diinisiasi oleh Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Mimika untuk menuju pembelanjaan secara elektronik dengan Ekatalog Lokal.

Ekatalog Lokal ini sendiri adalah aplikasi belanja online yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) serta dikelola oleh Pemerintah, aplikasi ini menyediakan berbagai macam produk dari pelbagai komoditas yang dibutuhkan oleh pemerintah.

“Nantinya setiap pengadaan yang dilakukan pemerintah wajib hukumnya membeli produk yang ada di Ekatalog, makanya kita ada tim tugasnya masing-masing, seperti Dinas Koperasi yang mempunyai Binaan UMKM mereka bisa kumpulkan semua pelaku UMKM dan sosialisasi tentang Katalog Lokal nanti bagaimana caranya masuk ke Ekatalog Lokal itu nanti tugas PBJ yang akan memandu untuk masuk,” ujarnya.

Jika ini berjalan, maka Kabupaten Mimika menjadi yang pertama dalam menggunakan Ekatalog Lokal di Tanah Papua.

Untuk itu pihaknya berharap semua pelaku UMKM dapat masuk dan mendaftar Ekatalog di Pengadaan Barang dan Jasa untuk dapat memasarkan produknya.

Plt. Bupati Mimika Johannes Rettob meminta semua OPD untuk terus berbenah, salah satunya dengan menggandeng para UMKM Orang Asli Papua dengan memasarkan produk produk lokal.

“Pada intinya kita prioritaskan pelaku UMKM Orang Asli Papua serta produk-produk lokal,” katanya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *