BERITA UTAMAMIMIKA

Pemda Mimika dan Freeport Gelar Diseminasi Riset Kesehatan Dasar Tahun 2022

cropped cnthijau.png
6
×

Pemda Mimika dan Freeport Gelar Diseminasi Riset Kesehatan Dasar Tahun 2022

Share this article
0ded8252 3b28 4190 8995 7fd55d5587c9
Foto: Isa Plt. Bupati Mimika Johannes Rettob saat memberikan sambutan pada acara RISKESDAS di Hotel Horison Diana Timika.

Timika, fajarpapua.com – Pemda Kabupaten Mimika dan PT Freeport Indonesia melaksanakan Diseminasi Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2022, Jumat (30/9) bertempat di Ballroom Hotel Horison Diana Timika.

Kegiatan dihadiri oleh Plt. Bupati Mimika, Johannes Rettob, Forkopimda Kabupaten Mimika, Perwakilan PT Freeport Indonesia, Ketua Komisi C DPRD Mimika dan Kadis Kesehatan Mimika.

ads

Dalam sambutannya, Claus Wamafma selaku Vice President Of Community Development. PT Freeport Indonesia mengatakan riset mengambil waktu hampir 7 bulan yang memiliki berbagai tantangan.

“Banyak sekali tantangan yang dilalui, kami bangga dengan kerjasama ini. Riset ini memberikan gambaran dan bukti kepada kita bahwa kerjasama berjalan baik dan bisa memotret seluruh kerja keras stokeholder kesehatan terutama dalam merefleksikan program bupati dan wakil bupati,” jelasnya.

Claus menegaskan riset ini menjadi media antara Freeport dan pemerintah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Riset ini lanjutnya menegaskan kembali bahwa kolaborasi yang terjadi antara pemerintah dan Freeport penting untuk mendukung program kesehatan yang ada di Kabupaten Mimika.

“Evaluasi dilakukan hampir setiap hari selama program berlangsung. Terima kasih untuk semua yang luar biasa mendukung program pembangunan ini dan berharap kerjasama ini dapat terus berlangsung,” tutupnya.

Sementara dalam laporannya Ketua Panitia, Marcelino Mameyau mengatakan survey kesehatan merupakan kerjasama antara Pemda Kabupaten Mimika melalui Dinas Kesehatan dan PT Freeport Indonesia.

“Pengumpulan data atau sampling berjalan lancar hingga selesai dan hasilnya kami sampaikan dalam kegiatan diseminasi,” ujarnya.

Sedangkan dalam sambutannya Plt. Bupati Kabupaten Mimika, Johannes Rettob, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut melakukan riset hingga tempat terpencil untuk masalah kesehatan.

“Pemerintah memberi apresiasi sebesar-besarnya atas riset seperti ini, dengan riset ini akan membawa rencana pembangunan khususnya dibidang kesehatan pada masyarakat Mimika,” ujarnya.

“Terima kasih juga kepada PT Freeport Indonesia yang membiayai riset ini secara penuh dan hasilnya kita dapat gunakan untuk dasar pembangunan disemua,” imbuhnya.

Plt. Bupati Kabupaten Mimika ini meminta kepada dinas kesehatan agar membagikan seluruh hasil penelitian ini kepada seluruh stokeholder.

“Supaya hasil riset ini tidak hanya menjadi hasil study semata tetapi dipergunakan sebaiknya untuk masyarakat,” tegasnya

Dalam paparannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra menyampaikan riset ini memotret cakupan layanan kesehatan karakteristik menurut wilayah dan lingkungan.

“Metode riset dilakukan dengan potong lintang di tingkat Kabupaten Mimika dengan unit sampel rumah tangga. Pendekatan dilakukan melalui survey akses kesehatan, perilaku lingkungan, dan genetis,” jelasnya.

Dikatakan, riset ini dilakukan untuk melihat lebih detail terkait tingkat kesehatan warga diseluruh wilayah Kabupaten Mimika.

“Data ini bisa memberikan seluruh gambaran kesehatan baik di wilayah pesisir, highland maupun lowland,” tutupnya. (isa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *