BERITA UTAMAMIMIKA

Dihadiri 40 Pastor, Misa Pentahbisan 3 Imam dan 2 Diakon di Paroki Sempan Timika Bakal Meriah, Simak Acaranya

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
9
×

Dihadiri 40 Pastor, Misa Pentahbisan 3 Imam dan 2 Diakon di Paroki Sempan Timika Bakal Meriah, Simak Acaranya

Share this article
IMG 20221008 WA0028
Dua frater yang akan ditahbiskan menjadi diakon serta berbagai persiapan umat Katolik Sempan.

Timika, fajarpapua.com – Pentahbisan tiga imam dan 2 diakon di Paroki St Stefanus Sempan Timika, Papua Tengah, pada Minggu, 16 Oktober 2022 bakal meriah. Misa dipimpin Uskup Keuskupan Manokwari-Sorong, Mgr Hilarion Datus Lega Pr didampingi dua conselebran, Pastor Gabriel Ngga OFM (Provincial Fransiskus Duta Damai Papua) dan Administrator Keuskupan Timika Rm. Marten Kuayo Pr.

Sebelum misa pentahbisan Minggu, pada Sabtu (15/10) pukul 17 akan dilaksanakan pemberkatan minyak krisma, peralatan liturgi, kasula dan stola para tertahbis yang dipimpin Uskup Mgr Hilarion Datus Lega, Pr.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Adapun tiga diakon yang ditahbiskan menjadi pastor yakni Diakon Ricky Carol Yeuyanan, Pr,
Diakon Theodorus Yoseph Tepa, OFM, dan Diakon Emanuel Richardus Buang Lela, Pr.

Sedangkan dua frater yang ditahbiskan menjadi diakon yakni Fr. Alpius Alpen Mujijau, OFM dan Fr. Domisius Wandi Batoteng Raya, OFM.

Pastor Paroki St Stefanus Sempan, Peter Maximilianus Dora, OFM mengemukakan, saat ini persiapan sudah 90 persen, dan antusiasme umat sangat tinggi.

“Tapi kendala kita masih seputar dana. Karena yang hadir dipastikan ribuan umat dan kami sedang upayakan supaya semua umat bisa makan bersama setelah tahbisan,” ungkapnya.

Dijelaskan, selain 40 imam, turut hadir utusan dari sejumlah keuskupan. Untuk stola para imam sudah disiapkan dengan motif foto Santu Stefanus dan foto Gereja Paroki St Stefanus Sempan.

“Perayaan tahbisan hari Minggu jam 15.00 sore. Khusus paroki Sempan misa minggu pagi tidak ada, sedangkan misa Sabtu sore pemberkatan minyak krisma dan lainnya yang dipimpin Bapa Uskup,” tuturnya.

Pastor Maksi mengatakan, umat Katolik di stasi-stasi Paroki Sempan tetap melaksanakan misa minggu pagi. Sehingga bagi umat pusat paroki yang hendak misa minggu pagi dipersilahkan mendatangi gereja-gereja stasi.

“Tapi semua umat Katolik pada Minggu sore ikut misa pentahbisan di Gereja Sempan, termasuk umat Katolik dari Gereja Katedral, SP 2 dan SP 3. Khusus untuk paroki Katedral, SP 2 dan SP 3 tetap ada misa minggu pagi,” ungkapnya.

Pada Sabtu siang ini, dua frater yang akan ditahbiskan menjadi imam tiba di Paroki Sempan dari Jayapura. Selanjutnya hari Senin keduanya mengikuti reat-reat hingga Jumat (14/10).

“Nanti diakon Theodorus Yoseph Tepa OFM hari Senin juga sampai di Timika dari Asmat. Untuk reat-reat dipimpin Pater Willem Warat Wungan, OFM. Materi reat-reat seputar tugas imamat dan pelayanan umat pinggiran,” bebernya.(ana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *