BERITA UTAMAMIMIKA

Menuju Mimika Satu Data, Disdukcapil Kabupaten Mimika Mulai Gelar Aksi Paten Gunung Mesir di Distrik Alama

cropped cnthijau.png
6
×

Menuju Mimika Satu Data, Disdukcapil Kabupaten Mimika Mulai Gelar Aksi Paten Gunung Mesir di Distrik Alama

Share this article
c2be939a 24cd 41f7 b72c fff96a36830c
Pelepasan secara simbolis tim perwakilan dari Kadistrik yang akan bertugas. Foto: Febri

Timika, fajarpapua.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melaunching Aksi Perubahan ‘Paten di Gunung Mesir’.

Aksi Pelayanan Adminduk Terpadu di Distrik Pegunungan Menuju Pesisir diluncurkan pada Selasa (18/10) bertempat di Horison Hotel Timika.

ads

Tim Disdukcapil Kabupaten Mimika sendiri rencananya akan segera diberangkatkan pada Rabu (19/10) menuju Distrik Alama untuk memberikan pelayanan kependudukan.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Mimika, Slamet Sutedjo mengatakan Paten di Gunung Mesir ini merupakan komitmen pemerintah untuk berusaha menjangkau masyarakat yang belum mempunyai identitas seperti, KTP, Buku Nikah, hingga Akte Kelahiran.

“Langkah dan inovasi ini dilakukan. Guna mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Mimika satu data, Papua satu data dan Indonesia satu data,” ujarnya.

Sementara Plt. Bupati Mimika yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan, Septinus Timang mengatakan Program Pelayanan Administrasi Kependudukan di wilayah Distrik merupakan salah satu upaya dari pemerintah daerah Kabupaten Mimika melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam memberikan pelayanan Adminduk secara langsung kepada masyarakat.

Pembuatan identitas kependudukan yang dilakukan di wilayah distrik lanjutnya, nantinya akan berdampak baik kepada masyarakat.

“Saya berharap juga bagi para lurah dan kepala kampung untuk terus memonitor seluruh warganya yang belum memiliki identitas terkait dengan Adminduk seperti KTP, buku nikah, akta kelahiran dan sebagainya,” ujarnya.

Dengan hadirnya pelayanan Adminduk di pegunungan dan pesisir “Paten di Gunung Mesir” wilayah kecamatan/distrik urainya juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki dokumen administrasi kependudukan sebagai pelengkap dalam segala pengurusan di jaman modern ini.

Hal ini karena dokumen kependudukan memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum atas setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang di alami penduduk dan memberi manfaat bagi kepentingan administrasi dan pelayanan publik lainnya.

“Saya berharap pelayanan ini betul-betul memberikan rasa keadilan bagi suadara-saudara kita yang ada dipelosok pegunungan dan pesisir agar merekapun merasakan hadirnya pemerintah untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat,” katanya.

“Saya juga memberikan apresiasi kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atas kerja kerasnya sehingga dapat berinovasi menjangkau saudara-saudara kita yang ada di pegunungan dan pesisir untuk memberikan pelayan Adminduk. saya juga berharap bagi pegawai kita yang akan bertugas nantinya dapat bekerja dengan penuh tanggung jawab dan tulus memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat karena kalian adalah orang-orang luar biasa yang di pakai dan siap mengabdi bagi nusa dan bangsa khususnya Kabupaten Mimika ini,” ungkapnya.

Selanjutnya kegiatan launching dirangkaikan dengan pelepasan secara simbolis tim perwakilan dari Kadistrik yang akan bertugas dengan pemakaian rompi dan pemberian buku data semester dari Dukcapil. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *