BERITA UTAMAMIMIKA

Termasuk di Timika, 400 Apotik Dalam Pantauan BBPOM Jayapura

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
12
×

Termasuk di Timika, 400 Apotik Dalam Pantauan BBPOM Jayapura

Share this article
IMG 20221101 WA0043
Kepala BPOM Jayapura Mojaza Sirait saat memberikan keterangan terkait pengawasan penjualan obat berbahaya.Foto: HSB

Jayapura, fajarpapua.com- Terkait dengan meningkatnya angka kasus gagal ginjal akut, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Jayapura memantau 400 apotik di Kabupaten Mimika serta wilayah lain di Provinsi Papua.

Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Jayapura, Mojaza Sirait kepada media, Kamis (3/11) mengatakan pantauan dilakukan guna mencegah beredar obat yang mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) melebihi ambang batas.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

“Jumlah pemantauan tersebut akan terus bertambah untuk itu diharapkan para apotek dapat memperhatikan edaran dari Menteri Kesehatan dan Balai POM,” katanya.

Menurut Mojaza, pihaknya juga sudah melakukan kegiatan monitoring yang melibatkan Dinas Kesehatan Provinsi Papua , organisasi profesi dalam hal ini Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) , serta pengurus gabungan perusahaan farmasi.
 
“BBPOM Jayapura juga akan melaksanakan monitoring apotek pada wilayah Pegunungan seperti Wamena, Kabupaten Jayawijaya,Papua menjadi pusat perkotaan, ” katanya.
 
Dijelaskan berdasar surat edaran dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ada lima produk yang dilarang dijual karena diduga mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) melebihi ambang batas yakni, Termorex Batuk Sirop, Flurin DMP Sirop, Unibebi Batuk Sirop, Unibebi Demam Sirop, dan Unibebi Demam Drops. Kandungan EG dan DEG diduga dapat memicu gangguan ginjal akut pada anak.
 
“Kami memastikan tidak ada lagi penjualan obat diduga memiliki kandungan EG dan DEG di 400 apotik ini. Adapun penarikan obat yang dilarang dari 400 apotek sementara berjalan,” tutupnya. (an)
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *