BERITA UTAMAMIMIKA

Dihadiri Pj Gubernur PB dan Plt Bupati Mimika, HUT ke-122 Kabupaten Fakfak Meriah, Bacakan Tiga Hasil Rapat Dewan Adat

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

Dihadiri Pj Gubernur PB dan Plt Bupati Mimika, HUT ke-122 Kabupaten Fakfak Meriah, Bacakan Tiga Hasil Rapat Dewan Adat

Share this article
0bcdef8b 27e5 47ab be7b 299fc7c9f11e
Plt Bupati Mimika Johannes Rettob mengucapkan selamat HUT Kabupaten Fakfak ke-122 kepada Pj Gubernur Papua Barat.

Fakfak, fajarpapua.com – Perayaan hari ulang tahun Kabupaten Fakfak ke-122 pada Rabu (16/11) berlangsung meriah. Menariknya, upacara diawali dengan apel bendera yang berlangsung di halaman Pendopo Rumah Negara Bupati Fakfak itu dihadiri Penjabat Gubernur Papua Barat Drs. Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw, Plt Bupati Mimika Johannes Rettob, Wakil Bupati Kaimana, Perwakilan Pemda Bintuni serta utusan warga sejumlah kabupaten pemekaran.

Upacara peringatan yang dimulai Pukul 06.00 WIT dibacakan juga hasil kerapatan adat Wewawo yang dihadiri oleh lembaga adat, tujuh petua dewan adat Mbaham Matta, lembaga masyarakat masyarakat adat dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Fak Fak yang berisi tiga poin penting.

Ads

Tiga poin itu dibaca oleh Raja Pikpir Sekar Arif Rumagesan yakni pertama lembaga adat, tujuh petua dewan adat Mbaham Matta dan lembaga masyarakat adat serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Fak Fak mendukung pemerintah Kabupaten Fak Fak dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pelayanan masyarakat sesuai dengan visi dan misi pemerintah Kabupaten Fakfak.

Kedua, lembaga adat, tujuh petua dewan adat Mbaham Matta dan lembaga masyarakat adat serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Fakfak menyepakati segala rekomendasi yang telah disampaikan dalam kerapatan adat ini diterima sebagaimana terlampir dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kerapatan adat ini.

Ketiga, lembaga adat, tujuh petua dewan adat Mbaham Matta dan lembaga masyarakat adat serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Fakfak meminta kepada DPRD Kabupaten Fakfak untuk melakukan rapat dengar pendapat bersama seluruh masyarakat adat melalui tujuh petua adat, dewan Mbaham Matta dan lembaga masyarakat adat.

“Demikian hasil Wewowo dan Kerapatan adat yang ditandatangani serta dapat dibahas pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Fak Fak pada hari ulang tahun Kota Fak Fak tanggal 16 November tahun 2022,” kata Ketua Dewan Adat.

Pada peringatan HUT Fakfak, dilakukan penyerahan tongkat ukiran Kamoro dari Ketua Lemasko Gerry Okoare kepada Bupati Kabupaten Fakfak, Untung Tamsil.

Gerry Okoare menyebutkan dengan penyerahan tongkat ini bertujuan agar Mimika dan Fakfak bisa berjalan bersama-sama sampai ujung.

Sementara Bupati Fakfak mengucapkan terima kasih kepada Ketua Lemasko. Menurutnya saat ia ke Timika diterima dengan sangat baik dan diajak berjalan-jalan ke Porsite.

Sementara itu Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob dalam arahannya meminta rombongan besar dari Kabupaten Mimika yang datang ke Fakfak untuk menyemarakkan HUT Kabupaten Fakfak ke-122, agar tetap menjaga kekompakan serta menjaga nama baik Kabupaten Mimika selama berada di Fakfak.

“Kita datang dengan rombongan besar, sehingga kita berharap kita satu tim, tetap jaga kekompakan. Kita datang tunjukkan sikap yang baik. Bertahun-tahun kita terpisah, kita datang utuk melakukan rekonsiliasi,” ujarnya.

Dijelaskan inti dari kedatangan tim besar dari Mimika adalah untuk HUT Fakfak, sehingga ia berharap semua dapat mengikuti acara dengan lengkap sesuai arahan dan petunjuk dari panitia pelaksana.

Acara itu dimeriahkan dengan berbagai tarian daerah dari Fakfak, Mimika dan Maluku.(tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *