BERITA UTAMAMIMIKA

RSUD Mimika Luncurkan Aplikasi Sidora Guna Mempermudah Layanan Masyarakat Dalam Berobat

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
27
×

RSUD Mimika Luncurkan Aplikasi Sidora Guna Mempermudah Layanan Masyarakat Dalam Berobat

Share this article
aed6b18a 13ad 4c7b 9252 1f010d84cb0f
Pj Sekda Mimika Petrus Yumte saat melaunching Aplikasi Sidora didampingi Direktur RSUD dan Kepala Bappeda Mimika serta Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika

Timika, fajarpapua.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika melaunching Aksi Perubahan Aplikasi Sidora “Sistem Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan” di Ruang Pertemuan RSUD Mimika, Jumat (18/11).

Aplikasi tersebut dibuat dalam rangka memudahkan pendaftaran pasien dengan terlebih dahulu mengisi data diri untuk mendapatkan nomor antrean di dalam aplikasi Sidora. Pendaftaran dapat dilakukan dimana pun pasien berada.

Ads

Direktur RSUD Mimika dr. Antonius Pasulu mengatakan aksi ini dilatarbelakangi kondisi saat ini dimana loket pendaftaran yang cukup panjang.

“Karena antrian panjang akibatnya waktu tunggu pasien tambah lama. Ini disebabkan karena pasien biasanya datang jam bersamaan,” ujarnya.

Program ini sejalan dengan undang-undang nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit bahwa setiap rumah sakit wajib melakukan pencatatan dan pelaporan tentang semua kegiatan penyelenggaraan rumah sakit dalam bentuk sistim informasi manajemen rumah sakit.

Sesuai visi misi Bupati dan Wakil Bupati Mimika yaitu dengan terwujudnya Mimika Cerdas, aman damai dan sejahtera dengan membangun regulasi, membangun sumber daya yang cerdas yang memahami teknologi informasi.

“Dan kemudian diimplementasikan sebagai Kabupaten Mimika Smart City, dan sesuai visi RSUD Mimika yaitu menjadi rumah sakit yang berkualitas, mandiri dan terkemuka di Papua,” katanya.

Sementara itu Plt Bupati Mimika diwakili oleh PJ Sekda Mimika Petrus Yumte melaunching Aplikasi Sidora.

Dalam sambutannya Petrus mengatakan teknologi dimasa sekarang sangat penting untuk menunjang jangkauan pelayanan pemerintah dan memudahkan masyarakat menerima pelayanan.

“Sesuai visi misi yang akan diimplementasikan sebagai smart city setiap rumah sakit wajib melakukan pencatatan dan pelaporan dalam bentuk sistem informasi rumah sakit, ” ujar Petrus.

Pemkab Mimika sendiri mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Direktur RSUD Mimika dalam aksi perubahan membuat aplikasi Sidora dan diharapkan mempermudah akses masyarakat dalam berobat di RSUD Mimika.

“Dengan Aplikasi ini dimana saja pendaftaran dapat dilakukan melalui handphone sebagai alternatif pendaftaran. Sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik. Kami akan terus mendukung upaya RSUD Mimika meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi,” pungkasnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *