BERITA UTAMAMIMIKA

Dalam 2 Bulan, Loka POM Mimika Temukan 434 Produk Pangan Bermasalah

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Dalam 2 Bulan, Loka POM Mimika Temukan 434 Produk Pangan Bermasalah

Share this article
IMG 20230426 WA0001
Nampak petugas Loka POM Mimika saat memeriksa sejumlah produk pangan bermasalah dari salahsatu toko di Timika.Foto: Febri

ads

Timika, fajarpapua.com- Pada medio Maret hingga April 2023, sebanyak 434 produk pangan bermasalah ditemukan Loka Pengawas Obat dan Makanan (Loka POM) Kabupaten Mimika.

Kepala Loka POM Kabupaten Mimika, Marselino F. Paepadaseda mengungkapkan pihaknya memang mengintensifkan pengawasan terutama saat menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun 1444 Hijriah/2023 M.

“Dari Maret hingga April 2023, sebanyak 434 produk pangan kami temukan tidak layak konsumsi karena tidak memenuhi ketentuan,” ujarnya.

Dikatakan ratusan produk pangan bermasalah tersebut ditemukan oleh Tim Loka POM Mimika dalam 6 tahap pengawasan terhadap 17 toko atau tempat perbelanjaan yang ada di Timika.

Sementara ratusan produk pangan bermasalah tersebut lanjutnya ditemukan oleh tim di lima toko dari 17 tempat perbelanjaan yang dilakukan pemeriksaan.

“Loka POM Mimika bersama instansi terkait melakukan enam tahap pengawasan di 17 toko. Dari jumlah tersebut, 12 tempat perbelanjaan dinyatakan memenuhi ketentuan, sedangkan dari 5 tempat lainnya ditemukan produk yang sudah rusak, kedaluwarsa, dan juga ada yang tanpa izin edar,” jelasnya.

Dikatakan terkait temuan ratusan produk pangan bermasalah tersebut, Loka POM Mimika telah mengambil tindakan tegas dengan meminta pemilik barang melakukan pemusnahan yang disaksikan petugas.

Selain itu sejumlah produk pangan bermasalah yang ditemukan di tempat perbelanjaan juga diminta dikembalikan kepada pihak penyalur untuk tidak diedarkan kembali.

“Selain tindakan diatas, Loka POM Mimika juga memberikan peringatan keras para pihak terkait termasuk kepada tempat perbelanjaan serta penyalur,” tutupnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *