BERITA UTAMAMIMIKA

Soal Pembangunan Dermaga Jita Mimika, Anggota DPRP Minta Pemprov Papua Segera Alihkan ke Provinsi Papua Tengah

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
3
×

Soal Pembangunan Dermaga Jita Mimika, Anggota DPRP Minta Pemprov Papua Segera Alihkan ke Provinsi Papua Tengah

Share this article
156a802c 4f74 44c7 aab8 efabdfdfa6b0
Anggota DPRP Papua, John NR Gobay saat memantau dermaga Feri Airmadidi, Nabire

Timika, fajarpapua.com – Anggota DPRP Papua, John NR Gobay meminta Pemerintah Provinsi Papua mengurus proses pengalihan pembangunan dermaga Sipu-sipu Jita kepada Pemerintah Provinsi Papua Tengah.

Permintaan pengalihan serupa juga dilakukan terkait pembangunan dermaga Feri Nabire. Sebab, dua asset utama sarana pendukung transportasi laut tersebut masih dikendalikan Pemprov Papua.

ads

Demikian pernyataan John NR Gobay sebagaimana rilis yang diterima fajarpapu.com, Minggu (7/5).

Berikut petikan langsung pernyataan anggota DPRP Papua tersebut.

“Dalam rangka reses anggota DPR Papua berapa waktu lalu kami melakukan kunjungan ke daerah Mimika dan juga Kabupaten Nabire. Kami telah melihat secara langsung 2 pelabuhan yang dahulu dibangun oleh APBD Provinsi Papua dan setelah kami mengecek ke Nabire ternya pelabuhan Feri Nabire merupakan aset dari pemerintah provinsi Papua.

Dua pelabuhan tersebut adalah pelabuhan ermaga Sipu-sipu di Distrik Jita Kabupaten Mimika dan juga Dermaga Feri di kampung Airmadidi, Kabupaten Nabire Provinsi Papua Tengah.

Karena belum dilakukan proses pengalihan aset dari pemerintah provinsi Papua ke Provinsi Papua Tengah kami kemudian langsung berkoordinasi dengan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Tengah dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua,

Dalam koordinasi tersebut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Bapak Reky Ambrauw telah menyampaikan bahwa bersedia dalam waktu dekat mengundang Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Tengah untuk dapat dibicarakan persiapan dan pengalihan aset dari pemerintah provinsi Papua kepada Provinsi Papua Tengah untuk selanjutnya dapat dilanjutkan pembangunannya dan juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pemerintah dan juga kepentingan masyarakat yang ada di wilayah Provinsi Papua Tengah baik di Kabupaten Nabire maupun di kabupaten Mimika.

Dalam pertemuan dengan Penjabat Gubernur Papua Tengah terkait kedua pelabuhan ini juga telah kami laporkan untuk dapat menjadi perhatian dari pemerintah provinsi Papua Tengah.

Kami juga meminta kepada Pemprov Papua agar menyerahkan aset pelabuhan feri Nabire dan menyampaikan kondisi, kesepakatan dan dokumen serta progres pembangunan agar diketahui kekurangan dari dermaga sipu Sipu di Jita agar dapat dilanjutkan pembangunannya sehingga kedepan diharapkan kapal perintis dapat menyinggahi dermaga ini untuk dapat membantu masyarakat Distrik Jita, Agimuga dan Asmat.(ana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *