BERITA UTAMAMIMIKA

Banyak HP Warga Mimika yang Diretas, Telkomsel Kembali Ingatkan Stop Klik File APK Undangan Pernikahan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
37
×

Banyak HP Warga Mimika yang Diretas, Telkomsel Kembali Ingatkan Stop Klik File APK Undangan Pernikahan

Share this article
IMG 20230513 WA0013
Peretasan apk.file undangan pernikahan

Timika, fajarpapua-com – Diduga banyak HP warga Timika yang diretas melalui modus penipuan dengan mengirimkan file berformat Android Package Kit (APK) melalui aplikasi pesan Whatsapp (WA).

File yang dikirim dalam ekstensi APK ini merupakan aplikasi berbahaya yang bisa mencuri data pribadi di ponsel.

ads

Seperti yang disaksikan fajarpapua.com, hampir setiap hari sejumlah anggota group WA mengirim file APK. Padahal file tersebut jika didownload nantinya digunakan oleh pelaku untuk mengambil alih dan menguras saldo rekening korban.

Dulu, sempat marak modus penipuan ini digunakan oleh pelaku yang mengaku sebagai kurir paket dengan menyebutkan APK tersebut adalah resi pengiriman.

Sekarang, modusnya semakin beragam dengan pura-pura mengirim undangan pernikahan sampai tagihan BPJS Kesehatan.

Menanggapi hal itu, Telkomsel menghimbau kepada pengguna HP Hp android agar selalu waspada terhadap modus penipuan dengan klik file.APK yang berisi undangan pernikahan, lowongan pekerjaan hingga surat tilang, dan lainnya.

Dalam pesan yang diterima fajarpapua.com, Sabtu pagi, Telkomsel meminta pengguna tidak langsung meng-klik tautan, dan mengunduh aplikasi sembarangan yang tidak dikenali.

Telkomsel juga menghimbau pengguna tetap berhati-hati dengan ajakan /join grup dari akun palsu Telegram Veronika atau platform instant messaging lain seperti WhatApp yang dikirimkan dari orang tidak dikenal.

“No Whatsapp Official Telkomsel adalah +62-811-1111-1111, melalui Offcial Account ini pelanggan bisa berinteraksi dengan Veronika untuk pengecekan sisa pulsa/kuota, beli paket, isi ulang, dan sebagainya,” tulis pesan tersebut.(ana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *