MIMIKA

SATP Timika Gelar Kegiatan Peringatan Bulan Bahasa 2023, Tampilkan Kesenian dan Hasil Karya Siswa-siswi

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
334
×

SATP Timika Gelar Kegiatan Peringatan Bulan Bahasa 2023, Tampilkan Kesenian dan Hasil Karya Siswa-siswi

Share this article
IMG 20231027 WA0102
Penampilan siswa-siswi SATP dalam pembukaan peringatan bulan bahasa 2023 di Sekolah Asrama Taruna Papua, Jalan Soponyono Timika Jum'at (27/10).

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Timika, fajarpapua.com – Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP) yang dikelola Yayasan Pendidikan Lokon (YPL) binaan YPMAK yang merupakan lembaga pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia menggelar kegiatan peringatan bulan bahasa yang bertajuk Amor Fest di Sekolah Asrama Taruna Papua, Jalan Soponyono Timika, Jumat (27/10).

Dalam Amor Fest tersebut, ditampilkan hasil kesenian dan hasil karya siswa-siswi SATP dari 36 kelas, seperti lukisan, noken, tas, kaos oblong olahan makanan, eco enzim dan masih banyak lagi.

Kepala Sekolah SATP Johana Tununay dalam sambutan pembukaan mengatakan, kegiatan ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian bulan bahasa yang sudah dilaksanakan sejak tanggal 1 Oktober dengan mengusung tema “Bangkitkan Ada Dengan Bahasa”.

“Kami berharap kedepan, kegiatan bahasa di bulan Oktober akan dilanjutkan lagi dalam bentuk akademik untuk membangkitkan pendidikan di Timika, terlebih di Papua. Bersama-sama kita dengan satu semangat membangun pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak Papua,” ungkapnya.

Selanjutnya Deputi Program YPMAK Billy Korwa yang hadir mewakili pimpinan YPMAK meminta seluruh anak didik SATP agar dapat mensyukuri ilmu yang didapat di sekolah tersebut.

“Kita harus menjadi berkat untuk orang lain di masa depan mereka. Terima kasih untuk Yayasan Pendidikan Lokon dengan tim pendidikan SATP, ini bukan pekerjaan yang mudah,” kata Billy.

Ia berharap agar siswa-siswi SATP kelak bisa menjadi yang terbaik bagi masyarakat Papua, khususnya di Timika.

“Kami berharap sekolah ini bisa menjadi sebuah keteladanan dalam pengemban sumber daya manusia Papua,” tutupnya.

Kemudian Kepala Perwakilan YPL Andreas Ndityomas mengatakan, program ini merupakan agenda tahunan dari seluruh proses pendidikan dan pembinaan anak dalam berpikir, bertindak dan berperilaku sebagai saintis dan enterpreneur yang takut akan Tuhan. Melalui program reguler, pengembangan ekstra kurikuler yang dikombinasikan baik siang dan malam untuk mendidik anak-anak Papua di berbagai bidang.

“Jadi betul-betul berpikir, bertindak, dan berperilaku sebagai saintis dan enterpreneur yang berkarakter, takut akan Tuhan,” katanya.

Menurutnya, bulan bahasa ini merupakan wadah dimana mengimplementasi kurikulum berbasis kehidupan kontekstual Papua.

“Mewakili para pendiri dan pimpinan Yayasan Pendidikan Lokon, yakni Ronald Korompis Wewengkang, Daniel Korompis dan Prof. Doktor Yong Ohoitumur, Sekretaris Eksekutif kami mengucapkan terima kasih kepada YPMAK dan PTFI yang selama ini sudah mendukung kami,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pengawas YPMAK, John Mamiri saat ditemui wartawan menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Lokon dan SATP dalam mendidik anak-anak Papua, khususnya di Mimika.

“Pendidikan kurikulum memang sangat penting, namun dengan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler di luar kelas sangat penting untuk menggali bakat serta kemampuan anak-anak Papua agar dapat bersaing,” tuturnya

Ia berharap anak-anak Papua yang menimba ilmu di SATP terus dididik dan dibina dengan muatan pengetahuan pendidikan yang baik sehingga mendongkrak daya saing mereka di kanca nasional maupun internasional.

“Kami berharap potensi dari anak-anak ini terus dikembangkan tak hanya dari bidang pengetahuan mereka tetapi juga tidak lepas dari kehidupan sosial dan budaya lokal mereka,”ungkapnya.

John menambahkan, mewakili Lemasa dan Lemasko menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PT Freeport Indonesia dan YPMAK yang terus mendorong anak-anak Papua dalam memajukan kualitas pendidikan anak-anak Papua, baik anak-anak Amungme dan Kamoro maupun dari lima suku kekerabatan lainnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *