BERITA UTAMAJayapura

Dari Jasa Sedot Tinja, Kabupaten Jayapura Targetkan Pendapatan Rp 50 Juta

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
63
×

Dari Jasa Sedot Tinja, Kabupaten Jayapura Targetkan Pendapatan Rp 50 Juta

Share this article
IMG 20231119 WA0031
Kepala Bidang Penyehatan Dinas PUPR Kabupaten Jayapura, Seni

Jayapura, fajarpapua.com- Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui UPTD Pengelolaan Air Limbah (PAL) tahun ini, menargetkan penerimaan dari sektor penyedotan tinja (kotoran manusia) sebesar Rp 50 juta.

“Sumber jasa penyedotan tinja itu dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang Kabupaten Jayapura. Hingga November 2023, realisasi penerimaannya sudah mencapai 49 juta rupiah,” kata Kepala Bidang Penyehatan Dinas PUPR Kabupaten Jayapura, Seni, Minggu (19/11).

ads

Ia mengatakan, target penerimaan penyedotan tinjan di Kabupaten Jayapura itu bisa tercapai Rp 50 juta dengan sisa waktu yang ada dan bisa melebihi target.

Sektor jasa penyedotan tinja adalah salah satu sumber bagi pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Jayapura karena diperkirakan akan meningkat dari masyarakat, dengan didukung dua unit armada penyedot tinja.

“Untuk tarif sedot tinja di Kabupaten Jayapura 420 ribu rupiah per meter kubik. Paling banyak menggunakan jasa sedot tinja di daerah rumah padat penduduk seperti di daerah pasar lama,”ujarnya.

Bagi masyarakat yang akan menyedot tinja, kata Seni, bisa dilakukan pemanggilan secara online.

Untuk itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi di tingkat distrik dan kampung serta memasang baliho di jalan dengan tujuan masyarakat jika ingin melakukan penyedotan tinja bisa menghubungi Dinas PUPR Kabupaten Jayapura.

Kemudian dia mengungkapkan tujuan pemerintah Kabupaten Jayapura memberikan pelayanan sedot tinja pertama untuk peningkatan PAD dan pelayanan kepada masyarakat maupun pelaku usaha supaya lingkungan tetap sehat.

“Kami lihat tingkat kesadaran masyarakat masih rendah untuk melakukan penyedotan tinja bisa terus ditingkatkan untuk sanitasi yang aman yakni septic tank tidak mencemari lingkungan sekitar terutama jika dilakukan pengeboran air, airnya bisa digunakan sebagai air baku dan layak diolah menjadi air minum,”kata Seni.

Ditambahkan, agar layanan sedot tinja bisa maksimal Dinas PUPR Kabupaten Jayapura berbekal surat perintah dari Sekda pihaknya telah mengirim surat perintah tersebut kepada pelaku usaha, hotel restoran dari Distrik Sentani Timur sampai Distrik Waibu agar secara berkala melakukan penyedotan septic tank dengan bisa dimanfaatkan jasa mobil sedot tinja milik Pemkab Jayapura agar sanitasi aman dan membantu mendorong peningkatan PAD Kabupaten Jayapura.(hsb).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *