BERITA UTAMAMIMIKA

SAR Timika Imbau Masyarakat Tidak Berlayar Saat Cuaca Buruk

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
55
×

SAR Timika Imbau Masyarakat Tidak Berlayar Saat Cuaca Buruk

Share this article
WhatsApp Image 2024 01 13 at 19.39.25
Kepala Kantor SAR Timika George M Randang

Timika, fajarpapua.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Timika di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mengimbau masyarakat agar tidak berlayar saat cuaca buruk guna menghindari kecelakaan di perairan setempat.

Kepala Kantor SAR Timika George M Randang di Timika, Sabtu, mengatakan dalam kurun waktu satu tahun pada 2023 pihaknya telah menangani 20 laporan kasus kecelakaan pelayaran.

“Kami imbau bagi masyarakat Kabupaten Mimika yang akan melakukan pelayaran menggunakan kapal atau perahu kecil jenis ketinting maupun boat untuk memantau cuaca terlebih dahulu,” katanya.

Ia menjelaskan jika warga akan melakukan pelayaran lintas kampung atau distik, sebaiknya tidak dipaksakan saat cuaca tidak mendukung atau buruk.

“Dari 20 kasus kecelakaan pelayaran yang kami tangani selama 2023, yang paling banyak mengalami insiden yakni kapal atau perahu ketinting,” ujarnya.

Pihaknya selalu memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan perjalanan menyeberangi lautan menggunakan perahu ketinting saat cuaca buruk.

Akan tetapi, kata dia, terkadang masyarakat melakukan pelayaran yang berisiko.

“Kami melarang masyarakat tetapi tetap saja mereka melakukan pelayaran menggunakan perahu ketinting dan saat angin kencang dan gelombang tinggi maka perahu terbalik di laut,” katanya.

Dia mengimbau masyarakat yang terpaksa harus berlayar menggunakan perahu ketinting sebaiknya menyiapkan peralatan keselamatan dan kelengkapan navigasi yang baik.

“Masyarakat wajib menggunakan alat keselamatan dan sistem navigasi saat akan berlayar dan yang terpenting yakni harus memahami sistem kerjanya agar ketika terjadi masalah dapat melakukan tindakan keselamatan,” ujarnya.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *