BERITA UTAMAMIMIKA

Dinas Kesehatan dan Beberapa Kampung di Mimika Berkolaborasi Tekan Penyakit Berbasis Lingkungan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
92
×

Dinas Kesehatan dan Beberapa Kampung di Mimika Berkolaborasi Tekan Penyakit Berbasis Lingkungan

Share this article
e248eb4a f534 4e38 b6d9 a70a36c75d6d
Kepala Dinkes Mimika Reynold Ubra.

Timika, fajarpapua.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, di tahun 2024 akan berkolaborasi dengan beberapa kampung di Mimika demi menekan penyakit berbasis lingkungan seperti malaria dan diare.

“Kami membangun kolaborasi dengan beberapa kelompok di kampung untuk isu tim kesehatan lingkungan, kemudian remaja. Tahun ini ada 10 kampung yang kami coba perkuat,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika,Reynold Ubra, saat ditemui di Kantor Sentra Pemerintahan SP III, Senin (17/1).

ads

Reynold menjelaskan penyakit berbasis lingkingan seperti malaria dan diare disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat dan kotor.

“Itu penyebap dari nyamuk dan perilaku buang air besar sembarangan,” jelasnya.

Tim kesehatan yang dibentuk di kampung-kampung tersebut menurutnya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Selain melibatkan masyarakat pihaknya juga akan melibatkan sekolah melalui Organisasi Intra Sekolah (OSIS) untuk bersama sama memberikan edukasi pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan tempat tinggal agar terhindar dari penyakit malaria dan diare.

“Untuk intervensi kepada remaja sekolah kami kerjasama dengan OSIS,” tuturnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *