BERITA UTAMAMIMIKA

Banyak Faskes Swasta di Timika yang Kerjasama BPJS Kesehatan Hanya Sediakan Resep

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
199
×

Banyak Faskes Swasta di Timika yang Kerjasama BPJS Kesehatan Hanya Sediakan Resep

Share this article
IMG 20240216 WA0012
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Mimika, Reynold Rizal Ubra

Timika, fajarpapua.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menyebut fasilitas kesehatan (faskes) swasta wajib menyediakan obat bagi pasien yang berobat di faskes tersebut.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Rizal Ubra di Timika, Senin (29/4), mengatakan selama ini banyak faskes swasta hanya memberikan resep tetapi tidak menyediakan obat.

“Kami sementara sedang memantau faskes mandiri dan klinik swasta terutama yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” katanya.

Menurutnya, sesuai peraturan Menteri Kesehatan RI bahwa faskes wajib melakukan pelayanan paripurna, tidak hanya membuka praktik kedokteran tetapi juga menyediakan obat.

“Apabila faskes tidak dapat menjalankan perannya, maka dengan tegas harus ditutup karena tidak memberikan pelayanan yang paripurna,” ujarnya.

Dia menjelaskan Dinkes Mimika akan melakukan rapat koordinasi bersama BPJS Kesehatan, sebab faskes swasta memiliki kontrak pelayanan langsung dengan BPJS dan pihaknya hanya sebagai penerbit izin beroperasi.

“Bagi faskes yang memiliki kontrak bersama BPJS Kesehatan, wajib memenuhi standar yang telah ditentukan, dari tenaga kesehatannya, jenis layanan, farmasi juga apoteker,” katanya.

Dia menambahkan dirinya menekankan semua faskes di daerah ini agar dapat memberikan pelayanan yang sesuai fungsi juga peran yang telah diatur Kementerian Kesehatan RI.

“Saya tekankan lagi bagi BPJS Kesehatan bahwa jika faskes tidak dapat memenuhi syarat yang ditentukan maka sebaiknya kontrak kerja diputuskan,” ujarnya lagi.(ant/ana)

Response (1)

  1. Apalagi klw sakit malaria, klw beli Obatnya ada tetapi klw dari BPJS Tidak ada obat.. trus tiap bulan kita bayar BPJS nanti sakit beli obat sendiri.. Betapa Ruginya kami

    Trus kami yg berdomisili di Timika papua sda pasti Rentan dgn penyakit Malaria, jadi tolong ada kebijakan dari Pemerintah kepada Setiap klinik yg bekerja sama dengan BPJS agar kami juga bisa merasakan pelayanan yg lebih baik. Usul saja buat Pemerintah klw bisa Obat malaria yg Gratis Dari BPJS di berikan Logo Tersendiri dan Obat yg di Jual Oleh Klinik BPJS atau klinik yg lainya Logonya juga sendiri…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *