BERITA UTAMANASIONALUncategorized

Memahami cara Pembuatan Vaksin

cropped cnthijau.png
12
×

Memahami cara Pembuatan Vaksin

Share this article

fajarpapua.com || Vaksin merupakan imunisasi aktif karena bekerja dengan pertahanan alami tubuh untuk membangun perlindungan terhadap kuman penyakit.

Pemberian vaksin bertujuan untuk mencegah terjangkit penyakit, termasuk saat pandemik COVID-19 yang disebabkan virus corona jenis baru, SARS-CoV-2.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Imunisasi mengatakan vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme yang sudah mati atau masih hidup yang dilemahkan, masih utuh atau bagiannya, atau berupa toksin mikroorganisme yang telah diolah menjadi toksoid atau protein rekombinan, yang ditambahkan dengan zat lainnya, yang bila diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Dari laman Badan Kesehatan Dunia (WHO) disebutkan vaksin penting untuk pencegahan dan pengendalian wabah penyakit menular. Vaksin mendukung keamanan kesehatan global dan akan menjadi alat vital dalam pertempuran melawan resistensi antimikroba.

Saat ini berbagai pihak di dunia sedang berlomba menciptakan vaksin COVID-19.

Saat vaksin masuk ke dalam tubuh manusia, vaksin tersebut akan merangsang sistem imunitas tubuh agar dapat memproduksi antibodi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *