BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Idul Adha Besok, Mimika Tidak Ada Sholat di Lapangan Terbuka

pngtree vector tick icon png image 1025736
12
×

Idul Adha Besok, Mimika Tidak Ada Sholat di Lapangan Terbuka

Share this article

Timika, fajarpapua.com

ads

Hari raya Idul Adha 1441 H di Kabupaten Mimika akan dilaksanakan di 63 masjid. MUI sudah mengumumkan tidak ada sholad ied di tempat terbuka. Hal ini dilakukan untuk menghindari penularan covid 19.

Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Mimika, Ustad H. Muhammad Amin AR, S.Ag, kepada Fajar Papua, Kamis (29/7) mengemukakan, pelaksanaan Sholat Idul Adha tahun ini difokuskan pada masing-masing masjid.

“Tidak ada sholat di lapangan, untuk lebih mudah mengontrol jamaah. Sholat Idul Adha 1441 H tetap harus dalam Protokol Covid-19,” ungkapnya.

Dari data yang dikeluarkan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) ada 63 masjid yang siap melaksanakan sholat Idhul adha 1441 H di Kabupaten Mimika.

Sesuai hasil sidang isbat yang diselenggarakan Kementerian Agama RI (Kemenag) pada tanggal 27 Juli 2020 memutuskan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020.

Menteri Agama Fachrul Razi menyatakan kesimpulan sidang isbat itu didasarkan pada penggunaan metode hisab (perhitungan astronomi) dan rukyatul hilal (melihat langsung bulan).

Menurut dia, dua metode ini saling melengkapi dalam penentuan awal Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *