Manasari Masih Zona Hijau, Setiap Warga Masuk akan Diperlakukan…

by -
Warga Mandasari bahu membahu membangun pos covid 19

Timika, Fajar Papua

Guna menangkal dan mengendalikan penyebaran virus Corona atau covid-19, Pemerintah Desa Omawita, Distrik Mimika Timur Jauh kian memperketat penjagaan arus warga yang datang dari Timika.

Orang yang datang dari Timika tidak luput dari semprotan cairan desinfektan,mencuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, dan selanjutnya dilakukan pendataan. Jika terindikasi demam atau panas yang mencurigakan, tim relawan Covid akan melaporkan kasusnya ke pihak puskesmas terdekat.

Kepala Kampung Omawita, Vitalis Ipi saat ditemui wartawan, Sabtu (1/8) mengatakan sudah dua bulan lebih tim relawan desa bekerja keras mengamankan kampungnya dari bahaya virus corona.

“Mereka ada 15 orang, ada dari warga juga unsur kesehatan dan pendidikan yang kita libatkan. Mereka bekerja dengan panduan protokol covid. Ada yang bertugas mengawasi warga yang masuk, tim yang lain melalukan penyemprotan dan juga edukasi tentang pentingnya cuci tangan dan menggunakan masker,”jelas Vitalis.

Kepala Kampung Omawita, Vitalis Ipi

Ia menjelaskan dalam membendung virus corona, tidak hanya warga yang dari kota ke kampung saja yang diantisipasi namun juga warga kampung yang sering berpergian ke Timika dengan alasan pelbagai urusan.

“Ini sangat penting karena dengan adanya arus trasportasi air yang lancar menyebabkan warga kami sering ke kota. Di Kota sangat rentan untuk terkena virus. Saya harap mereka mematuhi protokol kesehatan yang sudah dijelaskan sehingga bisa terhindar dari corona,” terangnya.

Orang nomor satu di Omawita inipun menerangkan, saat ini belum ada satu warga pun kampungnya yang terjangkit virus corona atau omawita masih dianggap Green Zone ( Zona Hijau)